Last Updated on Oktober 2, 2023 by Yuri Adrian
Berdasarkan pengalaman pribadi saya berikut di bawah ini adalah cara cepat menghilangkan tulisan periksa di meteran listrik atau kWh meter yang ada di rumah.
Buat kalian yang lagi mencari cara untuk menyelesaikan masalah tersebut baca saja artikel ini sampai selesai ya…
Jujur saja saya sudah 2-3 kali ngalamin kejadian muncul tulisan periksa di meteran listrik ini.
Pertama kali sih waktu habis isi pulsa, selesai isi token listrik bukannya muncul total kWh tapi malah ada tulisan periska dan icon tangan gitu.
Kaget dong pastinya saya waktu itu…😁
Bagaimana cara mengatasi masalah ini?
Ini yang saya lakukan…
Pertama adalah…
Daftar Isi
Buka Aplikasi PLN Mobile
Apa itu aplikasi PLN Mobile?
PLN Mobile adalah aplikasi resmi yang dirilis oleh PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN.
Buat bapack-bapack seperti saya aplikasi ini bermanfaat banget.😎
Kenapa?
Karena, pakai aplikasi ini saya bisa bayar tagihan dan beli token listrik. Saya juga bisa dapat informasi kalau ada rencana pemadaman listrik atau gangguan listrik di rumah.
Apa lagi ya? Kalau mau tambah daya, kalian bisa gunakan fitur Ubah Daya dan Migrasi. Di situ sudah jelas tertera berapa biaya tambah daya.
Salah satu fitur yang paling penting dan bermanfaat banget yang ada di aplikasi PLN Mobile ini adalah Pengaduan.
Sebelum lanjut, katanya ada dari kalian yang masih belum instal PLN Mobile ya?
Ok gak apa-apa, kalian tinggal klik aja tautan atau link di bawah ini ya dan jangan lupa pakai kodenya waktu pendaftaran ya.
Daftar PLN Mobile sekarang dan dapatkan reward dengan menggunakan kode YUI992 saat melakukan pendaftaran.
Download PLN Mobile di
Playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.icon.pln123
Appstore https://apps.apple.com/nz/app/pln-mobile/id1299581030
Tau gak, semakin kalian sering pakai aplikasi PLN Mobile untuk bayar atau beli token listrik, kalian bakal punya banyak kesempatan buat dapetin undian mobil listrik atau juga umroh loh!
So, buruan deh instal aplikasi PLN Mobile! 😉
Ok kembali ke laptop ya, teman-teman.
Langkah selanjutnya, bagaiumana cara menghilangkan tulisan periksa di meteran listrik adalah…
Pilih menu pengaduan
Seperti yang saya bilang di atas tadi, menu PENGADUAN ini adalah salah satu menu penting yang ada di aplikasi PLN Mobile.
Di menu Pengaduan ini ada banyak topik pengaduan yang bisa kalian pilih sesuai dengan masalah yang kalian hadapi.
Pengaduan yang sering dilaporin itu antara lain pengaduan Listrik Padam, Pengaduan Pasang Baru, Permasalahan kWh Meter dan juga kWh Meter saya menunjukkan “PERIKSA”.
Karena mau menghilangkan tulisan periksa, jadi yang saya pastinya adalah…
Pilih topik pengaduan kWh Meter saya menunjukkan “PERIKSA”
Di sini kalian bisa cek terlebih dulu sesuai arahan yang ada di aplikasi PLN Mobile.
Kalau kasus yang saya alamin sih, MCB dan kWh Meter di rumah tetap ON, listrik juga tetap menyala cuma ya itu ada tulisan PERIKSA di meteran listrik.🤔
Langkah-langkah selanjutnya adalah sebagai berikut…
- Pilih Ajukan Pengaduan.
- Pilih ID Pelanggan/Nomor Meter yang sudah saya daftarkan sewaktu pertama kali install aplikasi PLN Mobile.
- Pilih Lokasi Rumah.
- Kalau sudah sesuai tekan tombol Konfirmasi.
- Tuliskan di bagian Deskripsi masalah atau gangguan seperti apa yang sedang kalian alami, kalau saya isi dengan keterangan kWh ada keterangan periksa, listrik tetap menyala.
- Masukkan foto kWh meter lalu pilih atau tekan Lanjutkan.
Nah, setelah tahapan ini yang perlu kalian lakukan adalah bawa hp ke dekat meteran listrik!
Kenapa??🤔
Karena di langkah selanjutnya kalian harus input dan tekan angka-angka seperti di atas contohnya ke meteran listrik atau kWh meter.
Gak cuma itu, kalian juga harus kirim foto layar kWh Meter setelah kalian input angka-angka tersebut.
Ada 9 langkah yang harus kalian lalui dengan memasukkan kode atau angka-angka di bawah ini (sesuai urutan langkah):
- 08
- 70
- 71
- 41
- 44
- 45
- 46
- 37
- 47
Sesudah kalian menyelesaikan 9 langkah, kalian akan menerima sebuah nomor pengaduan.
Nomor pengaduan ini bisa kalian gunakan buat memantau dan juga memeriksa progress pengaduan yang kalian kirim ke pihak terkait lewat aplikasi PLN Mobile.
Memasukkan Kode Temper
Proses selanjutnya adalah kalian akan merima sebuah pesan ke nomor WhatsApp yang kalian daftarkan di aplikasi PLN Mobile ini.
Yup, petugas PLN akan mengirimkan sebuah kode tamper yang harus kalian masukkan ke dalam meteran listrik atau kWh Meter.
Contoh WA dari petugas PLN yang saya terima bisa kalian lihat dari gambar di atas.
Jadi, sesudah saya terima kode tamper ini langsung saja saya memasukkannya ke meteran listrik sampai muncul tulisan BENAR dan juga posisi terlihat lagi jumlah kWh listrik yang saya punya.
Yang saya lakukan cuma mengikuti arahan yang dikirimkan oleh petugas PLN seperti yang ada di gambar di atas.
Nah sesudah itu, tidak lupa saya juga segera konfirmasi lewat WA ke petugas PLN mengabari kalau masalah sudah berhasil diselesaikan.
Proses pengaduan lewat aplikasi PLN Mobile selesai
Kalau memasukkan Kode Tamper sudah selesai, konfirmasi lewat WA ke petugas PLN juga sudah dilakukan, selanjutnya saya bisa melihat perubahan status pengaduan di aplikasi PLN Mobile.
Ok, semoga informasi ini bermanfaat ya!