Last Updated on Oktober 2, 2023 by Yuri Adrian
Ada yang pernah ngalamin kayak gini gak. Wah tagihan listrik bulan sekarang berapa ya? Atau cek tagihan listrik bulan ini bagaimana ya? Saya sering ngalamin tuh. Nah, sekarang ada aplikasi PLN Mobile. Apa kegunaan dan bagaimana cara instal aplikasi PLN Mobile di Hp Android, silakan simak baik-baik informasi di bawah ini ya.
Daftar Isi
PLN Mobile
Yup, ini adalah aplikasi resmi versi terbaru yang sudah dirilis oleh PT Perusahaan Listrik Negara atau yang lebih kita kenal dengan nama PLN.
Aplikasi ini sudah bisa didownload di Play Store buat teman-teman yang pakai Hp Android dan juga buat yang pakai iPhone bisa langsung cek di App Store.
Karena saya pakai Hp Android, maka saya download aplikasi PLN Mobile ini di Google Play Store. Tinggal cari saja dengan kata kunci: PLN Mobile.
Cara Instal Aplikasi PLN Mobile
- Buka aplikasi Google Play Store.
- Cari dengan kata kunci PLN Mobile.
- Pilih tombol Install.
- Kalau proses instalasi sudah selesai, langsung tekan tombol Open.
Selesai deh, sekarang kita sudah bisa pakai aplikasi PLN Mobile.
Fitur Aplikasi PLN Mobile
Karena aplikasi sudah kita instal, sekarang kita cek fitur apa saja sih yang bisa kita manfaatkan di aplikasi PLN Mobile.
Kalau mau pakai aplikasi PLN Mobile kita harus punya akun terlebih dulu.
Bisa kita gunakan fitur Daftar Sekarang buat pengguna baru.
Atau kalau mau lebih cepat sih bisa login pakai akun Google/Gmail.
Waktu pertama kali masuk ke aplikasi PLN Mobile ini, sebaiknya kita langsung update bagian Lengkapi Profil Anda, diantaranya data:
- Nama lengkap
- Alamat e-mail
- Nomor handphone
Selanjutnya yang wajib dilengkapi adalah ID Pelanggan atau Nomor Meter.
Baca juga: Cara Cepat Lapor Mati Listrik ke PLN
Kalau ini, kita bisa gunakan fitur di aplikasi PLN Mobile yang namanya:
Tambah ID Pel/Nomor Meter
Data yang harus dilengkapi di sini adalah:
- ID Pelanggan atau Nomor Meter
- Nama Konsumen
- Nama Alias
- Tarif
- Daya
- Titik Lokasi
- Alamat
Nah, kalau kita isikan ID Pelanggan atau Nomor Meter kita bisa langsung tekan tombol Periksa.
Kalau ID Pelanggan atau Nomor Meter sudah benar, otomatis nantinya akan muncul juga data-data: Nama Konsumen, Tarif, Daya, Titik Lokasi dan Alamat.
Misal Titik Lokasi dan Alamat masih belum sesuai, kita bisa ubah atau edit titik lokasi.
Di aplikasi PLN Mobile ini kita bisa masukan lebih dari satu ID Pelanggan atau Nomor Meter.
Token dan Tagihan
Di fitur ini sesuai dengan namanya, kita bisa beli token dan juga melakukan pembayaran tagihan listrik.
Jadi kalau mau beli token listrik, kita gak perlu repot-repot keluar rumah, apalagi sekarang kan masa pandemi dan juga musim hujan.
Caranya gampang banget, sesudah kita pilih menu Token dan Tagihan di aplikasi PLN Mobile, selanjutnya adalah:
- Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter yang terdaftar.
- Pilih saja nominal Token yang ingin teman-teman beli, mau yang Rp50.000 atau yang Rp500.000 juga ada.
- Pilih Metode Pembayaran yang sesuai.
- Kalau sudah yakin, langsung saja tekan tombol Bayar buat Konfirmasi Pembayaran.
Kalau pembayaran tagihan listrik pascabayar di aplikasi PLN Mobile ini bagaimana? Caranya hampir mirip koq.
Malah lebih cepat karena kita gak perlu pilih nominal kayak beli Token Listrik di atas.
Jadi, nantinya total pembayaran tagihan listrik yang harus kita bayarkan bisa langsung kita lihat.
Metode pembayarannya juga banyak pilihan:
- Virtual Account: Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA.
- Dompet Digital: LinkAja, OVO, GoPay
- Kartu Kredit: DOKU
- Kartu Debit Instan: BRI Direct Debit.
Jadi, kalau kita mau cek tagihan listrik langsung saja buka fitur ini.
Layanan Listrik
Fitur ini bisa kita gunakan untuk Pasang Baru listrik dan juga Ubah Daya.
Misal, kalau teman-teman mau tambah daya listrik di rumahnya, sekarang gak perlu repot-repot lagi datang ke kantor cabang PLN terdekat.
Atau teman-teman mau mengajukan permohonan pasang sambungan listrik baru, juga bisa lewat aplikasi PLN Mobile ini.
Gampang kan?
Catat Meter
Fungsinya apa sih ini?
Ini adalah layanan baca meter mandiri, sebutan kerennya adalah SwaCAM atau Swadaya Catat Angka Meter.
Pelaporan mandiri angka stand meter di kWh meter ini bisa kita lakukan di interval tanggal 24 sampai 27 setiap bulannya.
Pengaduan
Kalau misalnya kita mau ngelaporin adanya gangguan atau keluhan listrik, kita bisa manfaatkan fitur ini.
Call Centre PLN di nomor hot line 123 sekarang ini sudah terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile.
Kita bisa melakukan berbagai pengaduan masalah seputar kelistrikan di aplikasi ini, seperti misalnya kalau muncul tulisan periksa di meteran listrik kita di rumah.
Info Stimulus
Fitur ini memberikan informasi program bantuan dari pemerintah yaitu diskon atau potongan harga biaya pemakaian listrik.
Cukup masukan ID Pelanggan atau Nomor Meter.
Tapi ingat loh, ada persyaratannya supaya kita menerima bantuan ini. Apa saja syaratnya? Teman-teman bisa cek langsung di akun IG resmi PLN di http://instagram.com/pln_id
Jadi, perlu gak kita instal aplikasi PLN Mobile ini?
Kalau saya pribadi, perlu banget aplikasi seperti ini.
Karena apa? Ya, karena memang aplikasi ini memudahkan saya mendapatkan akses ke layanan kelistrikan seperti:
- Cek tagihan listrik.
- Bayar tagihan pemakaian listrik setiap bulan.
- Kalau misal ada gangguan listrik bisa pakai fitur pengaduan.
Apalagi, listrik sekarang ini bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan utama setiap orang seperti saya dan keluarga.
Nah hampir saja kelewat, satu fitur yang saya suka banget dari aplikasi PLN Mobile ini adalah fitur Histori Penggunaan listrik di rumah saya selama 6 bulan terakhir.
Ok, teman-teman, semoga informasi ini bermanfaat ya.
Keep Healthy dan selalu disiplin 3M ya!!