Last Updated on Januari 19, 2023 by Yuri Adrian
Buat kalian yang mulai ngejalanin bisnis online atau juga terjun ke dunia digital marketing punya email bisnis dengan nama domain sendiri itu pastinya sebuah prestise, ya gak? Nah, di artikel ini saya akan share bagaimana cara membuat email bisnis Google Workspace pakai domain XYZ dengan cepat dan mudah.
Saya pribadi sudah berhasil membuat sebuah akun email admin@bloganakkereta.xyz di Google Workspace. Keren, kan?😎
Kalau sebelumnya saya custom domain XYZ di blogspot, di sini saya custom alamat email juga pakai domain XYZ.
Daftar Isi
Apa itu Domain XYZ?
Dulu awal-awal ngelihat ada website atau blog pakai domain XYZ saya sempet curiga, ini website apaan sih kok domainnya .XYZ?
Belum lagi banyak yang nipu-nipu lewat WA websitenya juga pakai domain .XYZ, ya gak?🤔
Padahal ada lho perusahaan raksasa yang websitenya pakai domain XYZ, di bawah ini skrinsut websitenya…
Yup, Alphabet yang alamat websitenya https://abc.xyz/ dipimpin oleh Larry Page (CEO) dan Sergey Brin (Presiden). Gak asing sama nama-nama itu kan? Hehe jelas aja karena kedua orang itu adalah para pendiri Google.
Alphabet adalah perusahaan yang membawahi banyak perusahaan besar salah satunya adalah Google.
Adalah Daniel Negari yang menciptakan domain XYZ ini dan memperkenalkannya untuk masyarakat umum pada Juni 2014 lalu.
Domain .xyz ini termasuk ke dalam domain generik TLD (top level domain) yang dapat dipakai untuk menamai situs web yang universal.
Berbagai jenis website mulai dari personal blog sampai website perusahaan bisa memakai domain XYZ.
Domain .xyz sekarang ini menjadi pilihan populer karena harganya yang terjangkau dan mudah diingat.😉
Makanya gak aneh kalau jutaan pelaku bisnis online dan juga individu (seperti saya misalnya) memakai domain .xyz ini karena memang ingin menamai situs web dengan cepat dan mudah.
Google Workspace
Sebelumnya, orang-orang mengenal Google Workspace itu dengan nama G Suite.
Google mengembangkan Google Workspace ini sebagai sebuah platform yang menyediakan berbagai alat produktivitas.
Ada beberapa aplikasi penting di dalam Google Workspace seperti Gmail, Meet, Calendar, Drive, Forms, Sites, Docs, Slides dan masih banyak lagi.
Beberapa manfaat yang bisa kalian manfaatkan dari Google Workspace antara lain:
- Akses dari mana saja: Google Workspace memungkinkan kalian mengakses dokumen, email, dan kalender dari mana saja, asalkan kalian punya koneksi internet. Ini sangat berguna bagi para pekerja yang sering bepergian atau yang bekerja dari jarak jauh.
- Kolaborasi yang mudah: Google Workspace menyediakan alat kolaborasi yang sangat baik, seperti Google Docs, Sheets, dan Slides, yang memungkinkan beberapa orang untuk bekerja pada dokumen yang sama secara bersamaan. Ini sangat berguna bagi tim yang bekerja dari jarak jauh atau yang bekerja pada proyek bersama.
- Penyimpanan (storage) yang aman: Google Workspace menyediakan penyimpanan yang aman untuk dokumen dan file. Kalian dapat mengatur akses dan izin untuk dokumen dan file yang dibagikan, sehingga hanya orang yang ditentukan yang dapat melihat dan mengeditnya.
- Integrasi dengan aplikasi lain: Google Workspace sangat mudah digabungkan dengan aplikasi lain, seperti Trello, Slack, dan Zoom, sehingga kalian dapat bekerja dengan alat yang kalian sukai.
- Layanan pelanggan yang baik: Google Workspace menyediakan dukungan pelanggan yang baik, yang dapat membantu mengatasi masalah yang mungkin kalian hadapi.
- Harga yang terjangkau: Google Workspace menawarkan harga yang terjangkau untuk bisnis kecil dan besar. Kalian dapat membeli paket yang sesuai dengan kebutuhan dan menambah atau mengurangi pengguna sesuai dengan kebutuhan.
Membuat e-mail bisnis khusus di Google Workspace
Salah satu fitur penting di dalam Google Workspace adalah aplikasi Gmail.
Sekarang ini siapa sih yang gak punya akun email di Gmail?😉
Selain bebas iklan, dengan Gmail versi terbaru kalian bisa melakukan chat, panggilan suara dan video, berbagi file dan juga mengerjakan tugas bersama dengan banyak orang.
Nah, buat kalian yang punya bisnis online kalau disuruh milih mendingan punya akun email namakalian@gmail.com atau namakalian@bisnisonlinekalian? Hayo pilih yang mana…
Pastinya kalian pilih akun email yang namakalian@bisnisonlinekalian ya kan? Lebih keren, prestise dan juga kelihatan lebih profesional.😎
Di Google Workspace kalian bisa dapatkan email khusus @namabisniskalian itu!
Bagaimana caranya?
Pertama…
Buka situs Google Workspace
Kalian bisa pakai link atau tautan ini https://workspace.google.com/intl/id/
Di menu Harga kalian bisa menemukan empat buah pilihan paket Google Workspace yang pastinya tergantung dengan kebutuhan dan juga budget yang kalian punya.
Pilih paket yang tersedia
Pilihan paketnya adalah seperti di gambar di bawah ini…
Kalau kalian bingung pilih yang mana mungkin kalian bisa piliha paket yang sama dengan pilihan saya yaitu Business Starter.
Langsung saja klik atau pilih tombol Mulai Uji Coba Gratis!
Kabar gembiranya kalian bisa nyobain dulu Google Workspace ini gratis selama 14 hari.😁
Memasukkan informasi yang diperlukan
Data atau informasi yang harus kalian input di tahapan awal pendaftaran Google Workspace ini adalah:
- Nama bisnis
- Jumlah karyawan
- Wilayah domisili
Selanjutnya kalian perlu input info kontak yang nantinya akan menjadi admin akun Google Workspace ini, di antaranya info mengenai:
- Nama depan
- Nama belakang
- Alamat email
Memasukkan nama domain bisnis
Nah, di bagian ini kalian harus memasukkan nama domain bisnis yang kalian punya dan statusnya sudah aktif.
Kenapa perlu nama domain bisnis? Ya karena nantinya nama domain bisnis ini yang akan menjadi alamat email khususnya.
Saya kan pernah membeli domain XYZ saja gak pakai hosting di Niagahoster. Nama domainnya adalah bloganakkereta.xyz.
Domain ini saya pakai sebagai domain bisnis di Google Workspace.
Selanjutnya adalah tekan tombol Berikutnya.
Nah, kalau kalian belum punya domain sendiri kalian bisa beli juga domain baru di pilihan Saya ingin membeli domain baru.
Membuat nama pengguna (Username)
Nama pengguna (username) ini nantinya akan kalian pakai buat login ke akun Google Workspace.
Di sini saya membuat username admin@bloganakkereta.xyz dan juga password-nya.
Nantinya saya login ke akun Google Workspace pakai username yang ini.🤓
Tunggu sampai muncul notifikasi Akun Google Workspace Anda sudah dibuat.
Lindungi domain
Langkah ini ada di dalam Konsol Admin Google Workspace.
Sebelum bisa terhubung, pihak Google Workspace akan memverifikasi bener gak sih kalau saya itu pemilik dari domain bloganakkereta.xyz.
- Pilih LINDUNGI kemudian pilih SAYA SIAP MELINDUNGI DOMAIN SAYA. Nantinya akan terlihat kalau domain yang saya pakai (bloganakakereta.xyz) itu ada atau terdaftar di Niagahoster.
- Temukan data DNS atau setelan. Ini adalalah langkah ke-1 dari proses lindungi domain. Data DNS ini ada DNS Management yang ada di panel atau member area Niagahoster (karena saya mengelola domain bloganakkereta.xyz di Niagahoster).
- Verifikasi TXT adalah langkah ke-2 dari proses lindungi domain di Google Workspace. Caranya juga gampang, tinggal copas. Copy kode verifikasinya terus paste di TXT Record di DNS Management (Tambahkan DNS Record Baru).
- Tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi DNS Record Baru Berhasil ditambahkan (di sisi domain management) dan Domain berhasil dilindungi (di sisi Google Workspace).
Tahap verifikasi domain berhasil kalau di konsol admin Google Workspace ada keterangan Bagus sekali, bloganakkereta.xyz dilindungi.😎
Selesai? Beluuuum…
Selanjutnya adalah
Aktifkan Gmail
Tahap ini adalah proses mengarahkan email ke kotak masuk (inbox) Gmail.
Pilih AKTIFKAN lanjut pilih SAYA SIAP MENGAKTIFKAN GMAIL.
Proses mengaktifkan Gmail ini kurang lebih prosesnya sama dengan proses Lindungi Domain.
- Pertama adalah Temukan data DNS atau setelan di sisi pengelola domain
- Kedua, Tambahkan data MX Google yang ada di Google Workspace ke DNS Management di pengelola domain, kalau saya berarti di Niagahoster.
- Total ada 5 data DNS Record Baru tipe MX (Mail Exchange) Record yang harus ditambahkan di DNS Management.
Tahap ini berhasil kalau nantinya kalian melihat notifikasi seperti di bawah ini…
Selesai…😎
Penutup
Secara keseluruhan, membuat email bisnis dengan Google Workspace menggunakan domain XYZ adalah cara yang cukup mudah dan efektif untuk meningkatkan profesionalisme termasuk juga untuk bisnis online yang kalian kelola misalnya.
Dengan menggunakan alamat email personalisasi yang menggunakan nama domain bisnis online atau blog pribadi, kalian dapat memberikan kesan yang lebih baik kepada klien dan mitra bisnis.
Jadi, kalau kalian ingin meningkatkan profesionalisme bisnis online atau juga perusahaan yang kalian punya dan kalian inginn bekerja dengan lebih efisien, maka cobalah untuk membuat email bisnis dengan Google Workspace menggunakan domain XYZ.
Semoga bermanfaat.