Apakah SIM Hilang Bisa Diperpanjang?

Apakah SIM hilang bisa diperpanjang? Kalau bisa, bagaimana caranya? Dokumen persyaratannya apa saja? Dan, total biayanya berapa?

Simak jawabannya di bawah ini ya, teman-teman.

SIM Hilang

Ini berdasar true story alias pengalaman pribadi saya.

Jadi ceritanya tuh begini, beberapa hari menjelang masa berlaku Surat Izin Menikah eh bukan itu SIM-nya tapi Surat Izin Mengemudi (SIM) C malah hilang entah ke mana.

Sudah saya inget-inget lagi, terus saya coba cari tapi tetep saja gak ketemu tuh SIM C.

Sampai akhirnya saya nyerah deh, fix hilang SIM C nya. 😢

Jadi, apakah SIM hilang bisa diperpanjang gak sih? Eits, sabar dulu. Ada tahapannya.

Pertama adalah…

Datang ke kantor Polsek terdekat

Kalau saya mah datangnya ke kantor Polsek Bojong Gede.

Karena memang kantor polsek ini lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal saya.

Apakah SIM Hilang Bisa Diperpanjang - Polsek Bojong Gede
Polsek Bojong Gede

Alamat kantor Polsek Bojonggede ini ada di Jalan H. Abdul Halim (Gaperi), Kedung Waringin, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Uniknya, walaupun Polsek Bojonggede ada di wilayah Kabupaten Bogor tapi secara garis komando Polsek Bojong Gede ada di bawah Polres Metro Depok bukan Polres Bogor.

Ok lanjut ya, mau ngapain saya ke kantor Polsek?

Tentu saja untuk membuat yang namanya…

Surat Kehilangan

Surat Keterangan Hilang Kepolisian, itu nama asli surat ini tapi biasanya kita kenal dengan nama Surat Kehilangan.

Yang bisa menerbitkan atau membuat surat kehilangan ini tentu saja cuma pihak Kepolisian.

Persyaratan membuat surat keterangan SIM hilang

Karena saya mau membuat Surat Kehilangan SIMC dari rumah saya sudah membawa dua buah dokumen yaitu:

  1. Salinan SIM C yang hilang.
  2. Foto copy e-KTP.

Kalau salinan atau foto copy SIM C-nya gak ada bagaimana dong?

Bisa, pelapor bisa meminta print out ke costumer service yang ada di bagian Stapas SIM (sumber: Polres Bogor).

Hmm, repot juga kan klu gak punya salinan SIM yang hilang.

SPKT Polsek Bojong Gede

Di kantor Polsek Bojong Gede saya menuju ke bagian Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

Ruang kerja SPKT ini ada di bagian depan kantor Polsek Bojong Gede.

Nah, begitu ada di dalam ruangan SPKT, bilang saja maksud kedatangan kita apa. Waktu saya bilang mau bikin surat kehilangan SIM C, petugasnya langsung tanya salinan SIM C yang hilang dan juga foto copy e-KTP.

Karena semua persyaratan sudah saya siapkan dari rumah, saya langsung serahkan dua dokumen tadi ke petugas.

Apakah SIM Hilang Bisa Diperpanjang?
Surat Keterangan Kehilangan dari Polsek Bojong Gede

Gak perlu waktu berjam-jam Surat Kehilangan SIM C akhirnya selesai dibuat. Petugas di SPKT Polsek Bojong Gedenya juga sigap, ramah dan sangat membantu. 👍

Ingat ya, surat kehilangan ini ada masa berlakunya. Biasanya sih 2-3 minggu.

Ok, surat keterangan SIM hilang sudah ada, selanjutnya saya pergi ke…

Polres Metro Depok

Yup, karena masa berlaku SIM C saya hilang tinggal satu hari, makanya mau gak mau di hari itu juga sesudah selesai membuat surat keterangan SIM hilang saya langsung lanjut mendatangi kantor Polres Metro Depok.

Di Polres Metro Depok ini ada layanan pembuatan SIM dan dulu juga waktu membuat SIM C ini saya datangnya ke Polres Metro Depok.

Alamat Polres Metro Depok ini adalah di Jalan Margonda Raya, persis di seberang kantor Walikota Depok.

Lokasi Polres Metro Depok
Polsek Metro Depok terletak di Jalan Margonda Raya, Kota Depok

Saya datang ke situ sewaktu PPKM Darurat sudah berlaku di Jawa dan Bali.

Jadi, sebelum saya masuk, di gerbang Polres Metro Depok, petugas akan mengecek suhu menggunakan thermo gun.

Petugas kemudian memastikan saya dan juga pengunjung yang lain memakai masker dengan benar. Lalu, mengarahkan kami untuk mencuci tangan terlebih dahulu di tempat yang sudah disediakan.

Satlantas Polres Metro Depok

Yang saya tuju tentu saja bagian Satlantas Polres Metro Depok.

Letak bagian satlantas ini ada di belakang Polres Metri Depok, di dekat kantin, kalau ke situ jalannya yang agak mudun atau menurun ke bawah gitu lah, teman-teman. 😁

Satlantas Polres Metro Depok via Google Maps
Satlantas Polres Metro Depok via Google Maps

Di depan pintu masuk Satlantas saya langsung bertanya ke Pak Polisi yang berjaga.

🧔: Selamat pagi, saya mau memperpanjang SIM tapi SIM-nya hilang, Pak.
👮‍♂️ : Persyaratannya bawa?
🧔: Bawa, Pak. Ini surat kehilangan dari Polsek Bojonggede, salinan SIM C yang hilang, foto copy e-KTP (sambil memberikan semua persyaratan ke Pak Polisi).
👮‍♂️ : OK..silakan masuk ke bagian pemeriksaan kesehatan.
🧔: Siap, Ndan. Terima kasih.

Jadi, selanjutnya sesuai arahan dan petunjuk dari Pak Polisi tersebut saya langsung masuk ke ruang…

Pemeriksaan Kesehatan

Ruangannya ada di bagian depan kanan Satlantas Metro Depok.

Masuk ke situ sudah ada 2-3 orang Mbak-mbak yang siap membantu.

Salah satu mbaknya bertanya bikin simnya online atau offline. Saya jawab offline.

Mbaknya juga kalau gak salah minta foto copy e-KTP.

Alat tes buta warna
Alat tes buta warna via mitrakesmas(dot)com

Sesudah itu saya menuju ke meja sebelah dan oleh mbak yang satu lagi saya dites buta warna pakai buku. Seperti biasa saya harus menjawab angka berapa yang terlihat setiap halaman.

Kalau lolos, petugas kesehatan memberikan sebuah lembar kertas bukti sudah cek kesehatan dan mengarahkan saya untuk bagian loket Satlantas.

O iya, biayanya Rp25.000.

Loket pendaftaran pembuatan SIM hilang

Dari ruang tes kesehatan, saya masuk lewat pintu utama, turun lewat tangga, mentok belok kiri lurus terus sampai ketemu ruang buat tes teori.

Di situ ada loket pendaftaran.

Waktu saya ke situ sih, ada Bu Polwan yang melayani. Beliau menanyakan tujuan saya terus memeriksa semua dokumen kelengkapan. Termasuk salinan SIM hilang yang bakalan saya perpanjang.

Bu Polwan meminta saya menunggu karena mengecek di sistem SIM hilang yang saya punya.

Apakah SIM Hilang Bisa Diperpanjang?
Dokumen untuk memperpanjang SIM yang hilang

Gak sampai 5 menit akhirnya Bu Polwan kembali memanggil saya sambil memberikan sebuah formulir ya harus saya isi. Bu Polwan juga mengumpulkan semua dokumen persyaratan yang saya bawa menjadi satu bersama formulir.

Setelah formulir terisi lengkap, saya mengembalikannya ke Bu Polwan. Kalau bingung cara mengisinya bagaimana, tenang saja di situ ada contoh pengisiannya terpasang jelas di tembok.

Bu Polwan meminta saya menunggu di tempat yang sudah disediakan untuk proses pemotretan.😎

Pemotretan dan pengambilan sidik jari

Saya duduk di bangku yang tersedia untuk menunggu panggilan pemotretan. Karena masih pandemi duduknya harus jaga jarak, duduk di bangku yang tidak ada tanda silang merahnya.

Alhamdulillah saya nunggunya juga gak lama gak sampai 15 menit. Sesudah nama saya dipanggil, saya segera masuk ke dalam ruangan.

Apakah SIM Hilang Bisa Diperpanjang?
Menunggu untuk proses pemotretan dan pengambilan sidik jari.

Di situ saya duduk di depan seorang petugas (ada dua orang yang bertugas hari itu).

Petugas menanyakan beberapa hal di antaranya: nama lengkap, tempat tanggal lahir, golongan darah, alamat dan juga mau buat SIM jenis apa.

Buka masker sebentar untuk dipotret, lanjut pengambilan sidik jari. Selesai deh.

Petugas kemudian meminta saya untuk menunggu di luar. Tepatnya di dekat pintu masuk kantor Satlantas.

Pembagian SIM

Ingat ya, karena masih pandemi COVID-19 kita menunggunya juga harus jaga jarak dan tetap memakai masker.

Nantinya kalau SIM sudah jadi, petugas yang berjaga di situ akan memanggil nama kita dan menyerahkan SIM-nya.

Ada baiknya kita cek dulu SIM tersebut, jaga-jaga saja jangan sampai ada data atau informasi yang salah cetak.

Apakah SIM Hilang Bisa Diperpanjang?
Di sini tempat menunggu pembagian SIM yang sudah selesai dicetak.

Kalau SIM-nya sudah jadi kita bisa memasang plastik pelindung (semacam anti gores) di situ, biayanya Rp10.000 per SIM.

Jadi sampai di sini, kalau ada pertanyaan apakah sim hilang bisa diperpanjang? Jawabannya adalah BISA!!

Pengambilan Kartu Asuransi

Yang terakhir, jangan lupa buat ambil kartu asuransi ya.

Kartu asuransi apa sih? Kalau baca di kartunya sih ini Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP), preminya Rp30.000 untuk 5 tahun dari PT. Asuransi Bhakti Bhayangkara.

Waktu ambil kartu asuransi ini jangan lupa siapkan lagi foto copy e-KTP ya dan gak ada biaya, karena sepertinya biayanya masuk di biaya pembuatan SIM.

Penutup

Sebagai penutup dari artikel apakah sim hilang bisa diperpanjang ini, saya mau kasih beberapa poin penting yaitu:

  • SIM dan dokumen-dokumen penting lainnya sebaiknya dibuatkan salinan atau fofo copy-nya, terus simpan di tempat yang aman.
  • Kita bisa membuat surat keterangan SIM hilang di kantor Polsek terdekat.
  • Surat keterangan SIM hilang ditambah dengan salinan SIM yang hilang dan foto copy e-KTP adalah dokumen-dokumen yang wajib kita bawa ke Satlantas atau Satpas SIM terdekat.
  • Waktu datang ke kantor Polres usahakan pakai kemeja atau kaos berkerah, pakai celana panjang jangan celana pendek, juga pakai alas kaki yang sopan misal sepatu jangan pakai sendal jepit ya.
  • Bawa foto copy e-KTP dari rumah minimal 4-5 lembar, biar gak repot. Di kantor Polres memang ada juga sih tempat foto copy.
  • Di masa pandemi mah wajib banget nerapin Prokes 3M.

Ok, teman-teman.

Semoga informasi apakah sim hilang bisa diperpanjang atau tidak ini yang sesuai dengan pengalaman saya bisa bermanfaat buat teman-teman.

Kalau mau berbagi pengalaman yang sama, boleh banget teman-teman bisa tulis di kolom komentar ya.

Terima kasih.

Apakah SIM Hilang Bisa Diperpanjang?
Kartu asuransi dan SIM yang sudah diperpanjang di Polres Depok.
(Visited 14 times, 1 visits today)
SB1M Daftar Free Member untuk Dapatkan Tutorial How To Make Money Online

Tinggalkan komentar