Mesin Penyelaras Tarif Sudah Tersedia di Stasiun Bojonggede

Last Updated on April 16, 2022 by Yuri Adrian

Halo, Roker dan Anker Bojonggede!! Pasti tahu dong kalau mulai 8 Januari 2018 yang lalu PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) sudah menerapkan aturan baru yang berhubungan dengan penyelarasan tarif KRL Jabodetabek atau fare adjustment. Nah kabar gembiranya, Vending Machine Fare Adjustment atau mesin penyelaras tarif sekarang sudah tersedia di Stasiun Bojonggede lho.

Posisi…

Mesin Penyelaras Tarif

Di Stasiun Bojonggede adanya di pintu keluar Selatan.

Jadi kalau Anda turun dari kereta ke arah Bogor, sebelum gate out mesin penyelaras tarif ini posisinya ada di sebelah kanan Anda.

Baca Juga: Sekarang Semua Roker dan Anker Harus Lewat Underpass di Stasiun Bojonggede

Di bawah ini adalah penampakan mesin tersebut.

Mesin Penyelaras Tarif Sekarang Sudah Tersedia di Stasiun Bojonggede
Vending Machine Fare Adjustment atau Mesin Penyelaras Tarif yang ada di pintu keluar Selatan Stasiun Bojonggede.

Fungsinya Apa Sih?

Kembali lagi ke aturan baru yang ditetapkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia per tanggal 8 Januari 2018. Ada beberapa poin penting di dalam aturan baru tersebut.

Pertama adalah dihapusnya pinalti atau denda kalau ternyata tarif perjalanan Anda tidak sesuai (kurang tarif).

Kedua adalah perubahan saldo minimum KMT (Kartu Multi Trip) dari minimal Rp13.000 menjadi Rp5.000.

Misal nih, saya awalnya beli tiket THB KRL relasi Bojonggede ke Duren Kalibata, tapi karena ada satu hal saya harus turun di Karet.

Kalau menurut aturan lama, saya pasti kena pinalti karena perjalanan saya tidak sesuai. Pinaltinya Rp 10.000 yang diambil dari biaya jaminan kartu THB.

Nah, dengan adanya fair adjustment ini saya tidak kena pinalti, tapi saya cukup membayar kekurangan tarif perjalanan dengan menggunakan mesin penyelaras tarif ini.

Tata Cara Menggunakan Mesin Penyelaras Tarif

Baik untuk pengguna KMT atau THB adalah sebagai berikut:

Untuk Pengguna KMT

  1. Penumpang tiba di stasiun dan melakukan Gate Out. Jika saldo tidak mencukup, penumpang tidak dapat keluar.
  2. Penumpang menuju vending machine fare adjustment untuk menyelesaikan kekurangan saldonya.
  3. Penumpang melakukan Top Up dengan meletakkan KMT pada reader, kemudian memasukkan uang tunai sesuai dengan nominal yang dikehendaki hinggal saldo KMT mencukup untuk membayar tarif perjalanan. Vending Machine Fare Adjustment tidak mengeluarkan uang kembalian.
  4. Penumpang melakukan Tap Out pada gate dan keluar dari area stasiun, tanpa dikenakan penalty.

Untuk Pengguna THB

  1. Penumpang tiba di stasiun dan melakukan gate out. Jika tarif perjalanan melebihi tarif THB, penumpang tidak dapat keluar.
  2. Penumpang menuju Vending Machine Fare Adjustment untuk menyelesaikan kekurangan tarifnya.
  3. Penumpang melakukan penyelarasan tarif dengan meletakkan THB pada reader, kemudian memasukkan uang tunai sesuai dengan kekurangan bayar tarif perjalanan. Vending Machine Fare Adjusment tidak mengeluarkan uang kembalian.
  4. Penumpang melakukan Tap Out pada gate dan keluar dari area stasiun. Tanpa dikenakan penalty.

Kalau misalkan di stasiun tujuan belum terdapat mesin penyelaras tarif, Anda dapat meminta bantuan kepada petugas atau staf stasiun yang sedang bertugas.

PT KCI mengeluarkan inovasi terbaru dengan mengoperasikan Vending Machine Fare Adjustment, melakukan perubahan saldo minimum untuk KMT dan Kartu Bank, serta menghapuskan Penalti, yang akan diberlakukan pada tanggal 08 Januari 2018. pic.twitter.com/pUsJYFPSGT

— Info Commuter Line (@CommuterLine) January 5, 2018

Semoga bermanfaat!!

Sumber: KRL.CO.ID

Visited 681 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan komentar