Bagaimana Cara Bayar Pajak Motor Online?Panduan Lengkap!

Last Updated on Desember 6, 2023 by Yuri Adrian

Sekarang di era serba digital ini banyak banget perubahan di kehidupan kita termasuk juga cara bayar pajak motor. Kalau dulu-dulu, bayar pajak motor itu harus langsung datang ke kantor SAMSAT terdekat. Tapi sekarang sudah berubah, bayar pajak motor bisa online lewat HP. Saya sudah membuktikan sendiri, bagaimana mudah dan praktisnya cara bayar pajak motor lewat online tersebut.

Gak percaya? Coba baca artikel ini sampai selesai ya.

Tapi sebelum kita mulai, pernah gak kalian bertanya-tanya…

Kenapa Harus Bayar Pajak Motor?

Ada yang tau jawabannya?

Memang sih bayar pajak motor atau juga mobil itu gak harus setiap tahun atau juga setiap bulan tapi satu tahun sekali. Karena bayar pajak motor itu setahun sekali, sering kali kita sampai lupa kewajiban kita sebagai warga negara yang baik buat bayar pajak motor ini. Iya apa iya?

Nah, saya coba rangkum dari situs Samsat Digital Nasional ya, paling tidak ada 5 alasan kenapa kita harus bayar pajak motor atau mobil yang kita punya.

  1. Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik, kita itu wajib membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) atas kepemilikan atau penguasaan kendaraan bermotor.
  2. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) adalah salah satu sumber pendapatan daerah yang digunakan untuk mendukung pemerintahan daerah dan juga proyek pembangunan.
  3. Manfaat Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bagi daerah meliputi peningkatan pendapatan perawatan jalan pengembangan moda transportasi, dan juga memberikan kepastian hukun kepada wajib pajak.
  4. Sebanyak minimum 10% dari pendapatan PKB dialokasikan untuk proyek pembangunan dan perawatan jalan, serta peningkatan moda transportasi umum.
  5. Sebagian dari dana pajak kendaraan tersebut juga digunakan untuk pembayaran sumbangan dana kecelakaan lalu lintas dan pengelolaan lalu lintas jalan.

Wah, ternyata manfaat kita bayar pajak motor atau mobil itu banyak juga ya.

Mulai sekarang kayaknya memang kita harus bayar motor tepat waktu jangan sampai telat karena selain bisa kena denda juga karena kita secara gak langsung menghambat pembangunan di daerah kita.

Bagaimana Cara Bayar Pajak Motor Offline?

Just info nih, saya berdomisili di Kecamatan Bojonggede yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Saya sendiri sudah ber-KTP Kabupaten Bogor.

Ada satu hal yang unik di sini yaitu walaupun status saya adalah warga Kabupaten Bogor tapi saya tetap bisa mempunyai SIM dan juga STNK kendaraan Kota Depok.

Kalau nanti kalian main ke sini ke Bojong Gede, kalian pasti bakalan sering melihat motor atau mobil yang plat nomornya “B” bukan “F”. Kalau orang Bojong Gede ini bilang itu plat nomor kendaraan “B Depok”.

Dari pengalaman yang sudah pernah saya lakukan, saya bayar pajak motor tahunan itu di dua lokasi yaitu:

  1. Kantor SAMSAT Depok, yang lokasinya ada di Jalan Merdeka No. 2, Mekar Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok.
  2. SAMSAT Outlet yang ada di ITC Depok.

Jadi, buat kalian warga Bojong Gede yang punya motor atau mobil pakai plat “B Depok” kalian bisa bayar pajak motor atau mobilnya dengan langsung datang ke kantor SAMSAT Depok atau juga ke SAMSAT Outlet ITC Depok.

Tapi nih, kalau kalian mau bayar pajak motor yang 5 tahunan dan harus ganti plat nomor kalian tidak bisa mengurusnya di SAMSAT Outlet tapi kalian harus datang langsung ke kantor SAMSAT Depok.

Satu lagi tempat atau tempat bayar pajak motor di Depok yang belum saya coba adalah SAMSAT Keliling atau SAMLING Depok.

Sekarang, kembali ke pertanyaan awal yaitu apakah bayar pajak motor bisa lewat online? Jawabannya adalah bisa banget, gaees!!

Bagaimana Cara Bayar Pajak Motor Online?

Pastinya kalian setuju kan kalau di era digital seperti sekarang ini banyak sekali perubahan yang terjadi hampir di semua sisi kehidupan kita.

Apa-apa serba online, termasuk juga cara bayar pajak motor bisa lewat online.

Gak cuma bayar pajak motor, bayar pajak makam khususnya di Kota Bandung juga bisa secara online pakai aplikasi SIMPELMAN.

Kalau dulu-dulu, mau bayar pajak motor itu kita harus nyempatin waktu datang langsung ke kantor SAMSAT, Datang ke kantor SAMSAT harus lebih bagi biar dapat nomor antrean awal. Kalau kita gak mau repot bayar pajak motor, kita bisa mengurusnya lewat bantuan biro jasa atau juga bisa lewat calo. Tapi pastinya kita harus keluar uang lebih banyak.

Tapi sekarang, kita bisa bayar pajak motor sambil rebahan di rumah atau juga sambil tetap mengerjakan aktivitas sehari-hari di kantor.

Khusus warga Bojong Gede, Depok dan sekitarnya, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan buat bayar pajak motor online dari Hp.

Pertama adalah…

Aplikasi Bayar Pajak Motor Online: E-Samsat Jabar

Karena memang Kota Depok itu masih masuk ke dalam wilayah Provinsi Jawa Barat, kita bisa memanfaatkan fasilitas E-Samsat Jabar untuk melakukan pembayaran pajak motor online dan juga pengesahan STNK-nya.

Dalam proses pembayaran pajak motor lewat E-Samsat Jabar ini sebagai metode pembayarannya adalah lewat ATM banyak Bank yang sudah bekerja sama di seluruh wilayah Indonesia.

Yang kedua bayar pajak motor online menggunakan…

Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat: SAMBARA

Aplikasi yang bernama Samsat Mobile Jawa Barat atau Sambara ini bisa membantu kita melakukan pembayaran pajak motor tahunan secara cepat dan mudah.

Buat kalian pengguna smartphone Android kalian bisa mengunduh aplikasi Sambara di Google Play. Sedangkan buat kalian yang masuk ke dalam Jamaah iPhone, tenang saja aplikasi Sambara sudah bisa kalian dapatkan juga di App Store

Cara bayar pajak motor online yang ketiga adalah dengan menggunakan…

Aplikasi SIGNAL

SIGNAL adalah singkatan dari Samsat Digital Nasional. Aplikasi untuk bayar pajak motor online ini juga sudah tersedia di Google Play dan App Store.

Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan masyarakat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan juga pengesahan STNK Tahunan secara online dengan aman dan mudah.

Yang keempat, cara bayar pajak motor lewat online bisa juga menggunakan…

Aplikasi Presisi Polri

Sesuai dengan namanya, aplikasi Presisi Polri ini memang milik dari Kepolisian Republik Indonesia.

Adalah Divisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Polri yang mengembangkan aplikasi Presisi Polri ini.

Secara singkat, aplikasi Presisi Polri ini adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan layanan-layanan untuk masyarakat umum secara online seperti:

  • SKCK (Pembuatan SKCK online)
  • SIM (Pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM online)
  • KTA Satpam (Pembuatan Kartu keanggotaan Satpam online)
  • SP2HP (Layanan informasi perkembangan perkara)
  • E-Tilang (Layanan pengurusan tilang online)
  • Pajak Kendaraan (Layanan pajak kendaraan online)
  • Izin Keramaian (Layanan perizinan untuk pengadaan acara yang melibatkan orang banyak)
  • PROPAM/DUMAS (Layanan Pengaduan Online)
  • Izin Senjata Api (Perijinan untuk kepemilikan senjata api)
  • 110 (Layanan call center kepolisian untuk pengaduan masyarakat)

Saya sendiri sudah menggunakan fitur layanan Pajak Kendaraan di aplikasi Presisi Polri buat bayar pajak motor tahunan secara online.

Proses pembayaran bayar pajak motor lewat aplikasi Presisi Polri ini juga cepat, efisien dan gak ribet!

Panduan Lengkap Cara Bayar Pajak Motor Online

Gaes, di sini yang akan saya bagikan adalah cerita pengalaman bayar pajak motor secara online pakai aplikasi Presisi Polri ya. Ini sudah saya lakukan dan Alhamdulilah berhasil, pajak motor yang saya punya sudah diperpanjang 12 bulan atau 1 tahun ke depan.

Ok, cara bayar pajak motor online yang saya lakukan adalah sebagai berikut…

Instal Aplikasi Presisi Polri

Buat kalian yang menggunakan smartphone atau Hp berbasis Android, kalian bisa dapatkan aplikasi ini di Google Play. Sementara itu, kalau kalian memakai iPhone kalian bisa mendapatkan aplikasi Presisi Polri ini di App Store.

Memasukkan Kode Verifikasi

Di dalam proses instalasi aplikasi Presisi Polri kalian harus memasukkan sebuah kode verifikasi yang dikirim lewat alamat e-mail yang kalian daftarkan.

Kode Verifikasi Email Presisi dalam proses instalasi aplkasi Presisi Polri

Selanjutnya adalah…

Proses Verifikasi Data Diri

Sebagai bagian dari proses pembayaran pajak motor secara online menurut saya tahap verifikasi data diri ini adalah tahapan yang penting banget!

Jadi, pastikan kalian melakukan verifikasi data diri pribadi di aplikasi Presisi Polri ini dengan benar ya.

Cara verifikasi data identitas untuk aplikasi Presisi Polri ini ada 2 cara yaitu:

  1. Verifikasi secara langsung di kantor MABES, POLDA, POLRES atau POLSEK terdekat.
  2. Verifikasi secara online dari mana saja.

Tinggal pilih saja mau pakai verifikasi data identitas pakai cara yang mana.

Pilihan cara verifikasi identitas di aplikasi Presisi Polri

Kalau kalian mau pilih verifikasi secara online seperti yang saya lakukan, kalian harus mengisi data-data berikut, yaitu:

  • Kewarganegaraan: WNI atau WNA.
  • Foto yaitu Foto KTP Asli, Foto Selfie, Foto Selfie + KTP Asli.
  • Identitas: Paspor/NPWP, Nama Lengkap, Tempat Lahir, Alamat sesuai KTP dan Alamat Tinggal (Domisili).

Proses verifikasi data identitas ini perlu waktu sekitar 1×24 jam.

Kalau verifikasi ini gagal, tenang saja kalian tinggal mencoba lagi, pastikan kalian melakukannya sesuai dengan petunjuk yang ada di aplikasi Presisi Polri.

O iya, pastikan juga kalian menggunakan koneksi internet yang cukup bagus.

Nantinya profil kalian di aplikasi Presisi Polri kalau sudah terverifikasi akan berubah seperti gambar di bawah ini:

Verifikasi data indentitas berhasil di aplikasi Presisi Polri

Langkah selanjutnya untuk melakukan bayar pajak motor online pakai aplikasi Presisi Polri adalah…

Pendaftaran Kendaraan Bermotor

Ok, di tahapan ini yang harus kalian lakukan adalah melakukan pendaftaran motor yang mau kalian bayarkan pajaknya lewat aplikasi Presisi Polri.

Cara pendaftarannya juga gampang banget kok!

Kalian cukup mengisi data-data seperti yang ada di dalam gambar di bawah ini…

Proses pendaftaan kendaraan untuk bayar pajak motor online di Depok

Di sini, kita juga bisa mendaftarkan lebih dari satu kendaraan.

Pengesahan Kendaraan

Sebelum melakukan pembayaran pajak motor online, kalian wajib memastikan kalau STNK motor yang kalian punya tidak masuk ke dalam jatuh tempo masa berlaku STNK 5 tahun. Karena perpanjangan STNK 5 tahun itu belum bisa dilakukan secara online tapi harus datang langsung ke kantor SAMSAT Depok.

Ok, langkah-langkah pengesahan kendaran di aplikasi Presisi Polri adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol MULAI.
  • Di menu Pajak Kendaraan, Pilih NRKB (motor yang sudah kita daftarkan di aplikasi Presisi Polri), Cek Pajak (Info PKB, SWDKLJ, Denda dan juga Total Biaya yang harus kita bayar)
  • Pengiriman TBPKP (Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran), kita bisa pilih Dikirim atau Ambil Sendiri. Saya sendiri pilih opsi Dikirim ke rumah.
  • Pilih SAMSAT, karena motor saya plat “B Depok” saya pilih SAMSAT DEPOK, KOTA.
  • Pilih Alamat untuk pengiriman TBPKP.
  • Lanjut ke Pilih Kurir untuk mengantarkan dokumen, di aplikasi Presisi Polri tersedia pilihan kurir POS Indonesia. Biaya pengiriman dokumen TBPKP ke alamat rumah saya adalah Rp11.500. Lama waktu pengiriman sesuai di aplikasi adalah 3 hari.
  • Sesudah memastikan alamat, pilihan kurir dan juga ringkasan biaya, kita selanjutnya menekan tombol Pilih Pembayaran.
  • Ada banyak metode pembayaran yang bisa kita pilih untuk melakukan pembayaran. Saya pilih BANK TRANSFER pilih bayar pakai BANK MANDIRI.
  • Saya mendapatkan Kode Bayar dan Total Biaya yang harus saya bayarkan lewat aplikasi Livin’ Mandiri.

Sesudah pengesahan kendaraan, tahap selanjutnya adalah…

Pembayaran Pajak Motor lewat Aplikasi Livin’ by Mandiri

  • Jalankan dan login ke aplikasi Livin’ Mandiri.
  • Pilih Bayar -> Pajak
  • Cari penyedia jasa: SAMSAT DIGITAL NASIONAL, lalu kita memasukkan nomor Kode Bayar yang sudah kita dapatkan dari aplikasi Presisi Polri.
  • Tunggu beberapa menit sampai proses pembayaran pajak motor secara online ini selesai.

Pembayaran Pajak Motor Online Berhasil

Untuk memastikan pembayaran pajak motor lewat online ini benar-benar sudah berhasil, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, di antaranya:

1. Status Layanan STNK di Aplikasi Presisi Polri: Sudah Dibayar

2. Cek di menu Riwayat Aplikasi Presisi Polri

3. Cek di Layanan Digital Aplikasi Presisi Polri yaitu E-TBPKP, E-KD dan E-Pengesahan

4. Cek di aplikasi SAMBARA

Buat memastikan apakah proses bayar pajak motor online di Depok ini sudah berhasil atau belumnya, saya mencoba memeriksa pakai aplikasi lain yaitu aplikasi SAMBARA.

Hasilnya adalah seperti di bawah ini…

Kesimpulan Bayar Pajak Motor Online di Depok

Di akhir artikel ini, saya berharap informasi singkat bagaimana cara bayar pajak motor tahunan secara online bisa bermanfaat khususnya buat kalian yang tinggal di Bojonggede, Kota Depok dan juga masyarakat Jawa Barat pada umumnya.

Saya pribadi sangat berkesan dengan adanya aplikasi yang bisa memudahkan saya melakukan kewajiban membayar pajak kendaraan. Karena memang proses bayar pajaknya menjadi lebih mudah dan efisien.

Sekarang, saya gak perlu repot lagi datang ke langsung ke kantor SAMSAT terdekat (SAMSAT Depok) buat bayar pajak motor yang wajib saya bayar 1 tahun sekali. Saya bayar pajak motor cukup dari rumah pakai aplikasi Presisi Polri.

Syarat bayar pajak motor online juga gak banyak-banyak amat cukup siapkan KTP, STNK motor yang mau dibayar pajaknya, aplikasi Presisi Polri dan koneksi internet.

Saya melakukan pengajuan pengesahan STNK motor di tanggal 2 November 2023 dan saya menerima lembar pengesahan STNK yang sudah dicetak pada tanggal 10 November 2023. Lembar asli Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran PKB/BBNKB, SWDKLLJ dan PNBP dikirim lewat PT Pos Indonesia ke rumah saya sesuai dengan alamat pengiriman yang saya isi di aplikasi Presisi Polri.

Akhir kata, kalau ada pengalaman lain seputar bayar pajak motor silakan kalian share atau bagikan di kolom komentar ya.

Terima kasih, salam sehat dan sukses selalu!

Visited 3 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan komentar