Apakah KRL Bogor Terhubung dengan LRT Jabodebek?

Last Updated on Januari 23, 2024 by Yuri Adrian

Buat kalian anak kereta alias anker yang biasa naik KRL Commuter Line Bogor, sudah mencoba naik LRT Jabodebek belum? Apa, masih ada yang belum pernah naik LRT Jabodebek. Slow, kalem aja karena saya mau berbagi informasi penting yang bisa menjawab pertanyaan apakah KRL Bogor itu terhubung dengan LRT Jabodebek? Simak sampai selesai artikel ini ya.

Sebelum kita lihat di stasiun mana saja KRL Bogor dan LRT Jabodebek terkoneksi, kita lihat dulu secara singkat…

KRL Commuter Line Bogor

Yuk, kita lihat bareng-bareng rute KRL Commuter Line terbaru update 2023 yang resmi dirilis oleh PT KAI Commuter sebagai pengelola KRL Commuter Line di wilayah Jabodetabek.

Peta rute KRL Commuter Line bisa kita lihat di bawah ini…

Peta rute KRL Jabodetabek Commuter Line 2023
Rute perjalanan KRL Commuter Line di Wilayah Jabodetabek

Dari peta rute KRL Commuter Line di atas bisa kita lihat sama-sama kalau KRL Commuter Line Bogor, yang berwarna garis merah, melayani penumpang dari Stasiun Bogor ke Stasiun Jakarta Kota (Pp).

Termasuk di jalur merah ini adalah KRL relasi Stasiun Nambo ke Stasiun Jakarta Kota (Pp).

Rute perjalanan KRL Commuter Line Bogor yaitu: Stasiun Bogor – Stasiun Cilebut – Stasiun Bojonggede – Stasiun Citayam – Stasiun Depok – Stasiun Depok Baru – Stasiun Pondok Cina – Stasiun Universitas Indonesia – Stasiun Universitas Pancasila – Stasiun Lenteng Agung – Stasiun Tanjung Barat – Stasiun Pasar Minggu – Stasiun Pasar Minggu Baru – Stasiun Duren Kalibata – Stasiun Cawang – Stasiun Tebet – Stasiun Manggarai – Stasiun Cikini – Stasiun Gondangdia – Stasiun Juanda – Stasiun Sawah Besar – Stasiun Mangga Besar – Stasiun Jayakarta – Stasiun Jakarta Kota.

Beda dengan dulu, sekarang ini sudah tidak ada lagi KRL Commuter Line relasi Bogor – Sudirman -im Tanah Abang – Jatinegara. Kalau mau ke Sudirman atau Tanah Abang dari Bogor, kita harus turun atau transit dulu di Stasiun Manggarai.

Kalau mau naik KRL Commuter Line Bogor kita bisa pakai Kartu E-Money Bank, Kartu Multi Trip (KMT) atau juga pakai aplikasi GoTransit dari Gojek buat bayar tiketnya.

Sekarang kita lanjut ke…

LRT Jabodebek

LRT adalah singkatan dari Light Rail Transit.

Kapan LRT Jabodebek beroperasi? Kapan hayo? LRT Jabodebek (Jakarta Bogor Depok Bekasi) itu mulai bisa digunakan pada hari Senin (28/8/2023) setelah diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo atau Jokowi.

Rute LRT Jabodebek 2023
Rute perjalanan LRT Jabodebek berangkat dari Stasiun LRT Harjamukti (Sumber: X – Mas Pras)

Sekarang ini rute LRT Jabodebek adalah sebagai berikut:

  1. Jati Mulya – Bekasi Barat – Cikunir 2 – Cikunir 1 – Jati Bening Baru – Halim – Cawang – Ciliwung – Cikoko – Pancoran – Kuningan – Rasuna Said – Setiabudi – Dukuh Atas.
  2. Harjamukti – Ciracas – Kampung Rambutan – TMII – Cawang – Ciliwung – Cikoko – Pancoran – Kuningan – Rasuna Said – Setiabudi – Dukuh Atas.

Yup sekarang ini ada dua rute perjalanan LRT Jabodebek yaitu Jati Mulya – Dukuh Atas (Pp) dan Harjamukti – Dukuh Atas (Pp).

O iya, kalau mau ke Stasiun Kereta Cepat Halim kalian bisa menggunakan LRT Bekasi Line.

Berapa tarif LRT Jabodebek? Waktu awal beroperasi sampai 30 September 2023 lalu tarif promo LRT Jabodebek itu adalah Rp5.000 jauh dekat.

Update tarif LRT Jabodebek terbaru bisa kita lihat sama-sama dari gambar di bawah ini…

Tabel Tarif Promo LRT Jabodebek
Tabel Tarif Promo LRT Jabodebek mulai 1 Oktober 2023 sampai 29 Februari 2024

Sama seperti kita naik KRL Commuter Line Bogor, naik LRT Jabodebek ini kita juga bisa bayar pakai Kartu Multi Trip (KMT).

Nah, sekarang kita kembali ke pertanyaan awal tadi apakah KRL Commuter Line Bogor terhubung dengan LRT Jabodebek?

Jawabannya adalah…

KRL Commuter Line Bogor Terkoneksi dengan LRT Jabodebek

Ada yang bisa menebak gak, di stasiun KRL apa yang terhubung atau terkoneksi dengan stasiun LRT Jabodebek? Apa hayo jawabannya?

Yup betul banget, KRL Commuter Line Bogor terhubung dengan LRT Jabodebek di Stasiun KRL Cawang – Stasiun LRT Cikoko.

Stasiun KRL Cawang terhubung dengan Stasiun LRT Cikoko
Stasiun KRL Cawang terhubung dengan Stasiun LRT Cikoko

Pengalaman saya, dari Stasiun Bojonggede naik KRL Bogor. Turun di Stasiun KRL Cawang.

Tidak jauh dari pintu keluar Stasiun Cawang ada tangga yang menghubungkan Stasiun KRL Cawang dengan Stasiun LRT Cikoko.

Dari Stasiun LRT Cikoko naik LRT yang tujuan Dukuh Atas kemudian turun di Stasiun Setiabudi lalu lanjut jalan kaki ke kantor tempat saya bekerja.

Kalian tertarik juga kan buat naik KRL Bogor terus sambung naik LRT Jabodebek?

Silakan mencoba.

Visited 13 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan komentar