Cara Menggunakan KMT untuk Naik LRT: Mudah dan Praktis!

Last Updated on Desember 20, 2023 by Yuri Adrian

Buat kalian anker alias anak kereta atau juga roker alias rombongan kereta pastinya sudah gak asing lagi sama yang namanya kartu KRL yaitu Kartu Multi Trip alias KMT. Pasti kalian punya kartu yang satu ini, iya kan? Nah, tau gak kalau sekarang kita bisa naik LRT pakai kartu KRL yang biasa kita pakai buat naik KRL Commuter Line. Ah yang bener gan? Bener serius. Kalau gak percaya kalian baca deh artikel cara menggunakan KMT untuk naik LRT ini sampai selesai ya.

Saya sudah membuktikan sendiri kalau Kartu Multi Trip (KMT) favorit kita ini bisa dipakai buat naik LRT Jabodebek yang baru diresmikan oleh Bapak Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu.

Tepatnya pada 28 Agustus 2023 lalu Pak Jokowi sudah meresmikan beroperasinya LRT (Light Rail Transit) terintegrasi Jabodebek.😎

Alhamdulillah, semoga semakin banyak moda transportasi yang terintegrasi satu dengan yang lainnya seperti LRT ini ya.

Kartu Multi Trip (KMT)

Kalau kalian sudah memutuskan menjadi anak kereta adalah jalan ninja kalian, kalian wajib hukumnya punya minimal satu kartu KMT ini.

Kartu Multi Trip (KMT) adalah kartu yang dikeluarkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia
Contoh Kartu Multi Trip (KMT) yang masih berlaku

KMT itu banyak manfaatnya lho khususnya buat kita-kita yang memang sehari-hari menjadi penumpang KRL Commuter Line!

Apa itu KMT?

KMT adalah sebuah uang elektronik dalam bentuk kartu prabayar yang bisa diisi ulang, berisi nominal uang dan bisa dipakai sebagai tiket perjalanan menggunakan KRL Commuter Line.

Sebagai pengelola KRL Commuter Line, PT Kereta Commuter Line bermaksud dengan adanya KMT ini akan mempermudah dan mempercepat kalian untuk naik KRL Commuter Line.👍

Jadi, sebagai anker atau juga roker, kalian bisa lakukan banyak hal dengan KMT ini di antaranya:

  • Transaksi di Commuterline: Bikin perjalanan naik Commuterline jadi semakin asik. Kalian gak usah repot-repot antri beli tiket, tinggal Tap an Go!.
  • Bayar parkir di stasiun: Kalau kalian sudah nyampe di stasiun, gak usah bingung lagi cari uang tunai buat bayar parkir. KMT bisa buat bayar pakir juga, lho!
  • Belanja di merchant-merchant: Banyak merchant yang kerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia, jadi KMT juga bisa dipakai buat bayar belanjaan kalian. Praktis kan?
  • Isi ulang (top up): Kalau saldo KMT sudah habis, kalian bisa isi ulang di loket stasiun, vending machine atau channel top up lainnya yang kerja sama dengan PT Kereta Commuter Indonesia.
  • Tanpa masa kedaluwarsa: Gak ada batasan waktu, jadi KMT gak akan kedaluwarsa. Tetap bisa digunakan kapan aja.
  • Gratis penggantian: Kalau KMT rusak dalam 7 hari sejak aktivasi, kalian bisa ganti kartunya secara gratis.
  • Hadiah menarik: Pengguna KMT berkesempatan dapetin hadiah keren di event-event khusus, lho!
  • Bisa dipindah tangankan: Kalau misalnya kamu mau ngasih KMT ke gebetan atau keluarga, bisa banget.

Karena KMT banyak manfaat, makanya gak heran deh kalau sekarang ini banyak yang sudah pakai KMT ini buat beraktivitas sehari-hari.

O iya hampir lupa, buat kalian yang sehari-hari juga naik bus TransJakarta, kalian bisa pakai Kartu Multi Trip (KMT) ini sebagai tiket naik bus Transjakarta lho!

Salah satu trayek bus TransJakarta yang bisa menggunakan KMT adalah trayek 6M jurusan Stasiun Manggarai - Blok M.
Bus TransJakarta trayek 6M jurusan Stasiun Manggarai – Blok M bisa menggunakan KMT sebagai alat bayar tiketnya.

Cara Membeli Kartu Perdana KMT

Sekarang ini, kalian bisa membeli kartu perdana KMT di warung-warung terdekat di sekitar rumah kalian. Hehe, bukan deng itu cuma becanda!🙏😅

Jadi, dimana tempat membeli kartu perdana KMT? Jawabnya ada di ujung langit!

Hehe bukan itu juga, becanda lagi, gaes! Punten!

Buat kalian yang belum punya KMT, kalian bisa membeli kartu perdana KMT ini di loket-loket resmi yang ada di setiap stasiun KRL Commuter Line.

Harga kartu perdana KMT yang reguler itu Rp30.000 sudah termasuk isi saldo sebesar Rp10.000.

Langkah-langkah Menggunakan KMT untuk Naik LRT

Ok, di bagian ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana langkah-langkah menggunakan KMT untuk naik LRT Jabodebek yang baru diresmikan operasionalnya oleh Pak Jokowi beberapa waktu yang lalu.

1. Pastikan Saldo KMT Cukup

Tarif LRT Jabodebek sekarang ini lagi promo lho, jauh dekat Rp5.000! Tarif promo LRT Jabodebek ini berlaku sampai 31 September 2023.

Kalau kalian memang mau menggunakan KMT buat naik LRT yang harus kalian lakukan pertama kali adalah pastikan KMT yang kalian punya saldonya ada atau cukup untuk melakukan perjalanan.

Tangkapan layar aplikasi C-Access
Tangkapan layar dari aplikasi C-Access

Kalian bisa cek saldo KMT pakai aplikasi C-Access atau juga mesin cek saldo yang ada di setiap Stasiun KRL Commuter Line. Mesin cek saldo ini biasanya ada di dekat loket-loket KRL Commuter Line.

2. Cara Memasuki Stasiun LRT Pakai Kartu Multi Trip

Kalau kalian sudah pastikan saldo di Kartu Multi Trip (KMT) yang kalian punya saldonya sudah cukup, sekarang kalian sudah siap memakai KMT buat naik LRT Jabodebek.😊

Saya sendiri sudah memakai KMT untuk naik LRT (Light Rail Transit) dari Stasiun LRT Cikoko dan juga dari Stasiun LRT Kuningan.

Ternyata cara memasuki Stasiun LRT itu sama banget dengan cara memasuki Stasiun KRL Commuter Line. Kalian harus tap in dulu di gate masuk.

Tap in di gate masuk Stasiun LRT Kuningan
Tap in di gate masuk Stasiun LRT Kuningan

Cara tap in KMT di gate masuk Stasiun LRT juga ada di sebelah kiri gate masuk, sama persis seperti kalian tap in KMT di gate masuk Stasiun KRL Commuter Line.

Pastikan lampu indikator berwarna hijau menyala, kalau tidak kalian tinggal minta bantuan kepada petugas LRT yang ada di dekat gate keluar.

Percaya deh, mereka pasti siap dan sigap membantu kalian!

3. Cara Keluar Stasiun LRT Pakai Kartu Multi Trip

Sewaktu kalian sudah turun dari LRT dan sampai di stasiun tujuan, yang harus kalian lakukan buat keluar dari Stasiun LRT adalah tap out di gate keluar.

Sama seperti di gate masuk, di gate keluar stasiun LRT kalian tinggal tempelkan KMT di bagian gate yang ada tulisan “Tempel kartu di sini”. Tunggu sampai lampu indikator berwarna hijau menyala.

Kalau sudah menyala hijau kalian tinggal dorong palang pintu yang ada di gate untuk keluar dari stasiun LRT.

Sama seperti kalian tap out di gate keluar stasiun KRL Commuter Line, kalian tap in KMT di sebelah kanan gate keluar stasiun LRT.

Riwayat pemakaian KMT untuk naik KRL Commuter Line dan LRT Jabodebek
Tarif promo LRT Jabodebek adalah Rp5.000 sampai 31 September 2023

Sekali lagi, kalau sewaktu tap out ternyata gagal, kalian tinggal minta bantuan mas-mas dan mbak-mbak petugas LRT yang ada di dekat gate keluar.

Jangan malu-malu ya meminta bantuan!

Nah, selain buat naik bus TransJakarta, kalian bisa pakai KMT ini buat naik moda transportasi lainnya seperti MRT dan Kereta Bandara lho!

Cara Mudah dan Praktis Naik LRT: Bayar Pakai KMT!

Di akhir artikel ini, saya akan mencoba mengambil beberapa kesimpulan ya.

  • Kartu Multi Trip atau KMT yang biasa dipakai anker buat naik KRL Commuter Line ternyata sekarang ini bisa juga dipakai buat naik LRT Jabodebek. Keren, kan!
  • Sebelum naik LRT Jabodebek kalian mesti pastikan dulu apakah saldo KMT yang kalian punya itu masih cukup gak saldonya.
  • Buat top up KMT bisa di setiap loket yang ada di semua stasiun KRL Commuter Line, minimal top up KMT adalah Rp10.000.
  • Buat cek saldo KMT kalian bisa manfaatkan aplikasi C-Access dari hp atau mesin pembaca kartu (balance reader) dan juga vending machine yang ada di dekat loket KRL Commuter Line.
  • Jaga KMT jangan sampai jatuh atau hilang selama perjalanan, nanti kalian bakalan repot kalau mau keluar dari stasiun.
  • Pakai KMT buat naik LRT Jabodebek itu tinggal Tap and GO!
  • Buat kalian anker cara naik LRT Jabodebek itu sebenarnya gak jauh beda dengan cara naik KRL Commuter Line.

Semoga saja dengan informasi singkat ini, kalian sudah tidak bertanya-tanya lagi naik LRT pakai kartu apa saja.

Nah, kalau ada yang punya pengalaman naik LRT pakai KMT boleh dong share di kolom komentar ya.

Nah sebagai bonus di bawah ini adalah video cara memakai KMT KRL Commuter Line buat naik LRT Jabodebek.

Terima kasih, sehat dan sukses selalu!

Visited 25 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan komentar