Review Toga Hill: Keindahan Wisata Alam Sumedang

Last Updated on Mei 5, 2023 by Yuri Adrian

Halo, teman-teman. Sekarang, saya ingin berbagi informasi berupa review sebuah tempat wisata baru yang terletak di Kabupaten Sumedang yang bernama Toga Hill. Sebelumnya, saya cuma mendengar kabar tentang keindahan alam Sumedang yang begitu menakjubkan, tapi di libur lebaran tahun ini saya benar-benar merasakan dan menyaksikan sendiri betapa indahnya alam Sumedang.

Sebagai tempat wisata baru, Toga Hill memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi yang belum terlalu ramai. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya akan memberikan review dan pengalaman saya bersama keluarga berwisata di Toga Hill. Sebagai pembuka, saya akan mengulas kesan pertama saya saat tiba di lokasi dan kemudian membahas tentang apa saja yang dapat dinikmati di Toga Hill.

Saya yakin kalian pastinya penasaran seperti saya ketika pertama kali mendengar tentang Toga Hill. Oleh karena itu, simak terus artikel ini untuk mengetahui pengalaman saya dan alasan mengapa Toga Hill layak dikunjungi. So, let’s get started and check it out!

Toga Hill: Tempat wisata baru di Sumedang

Kalau boleh sedikit bercerita jadi di hari kedua lebaran (Minggu, 23 April 2023), sesudah bersilaturahim bersama keluarga besar di Bandung, saya bersama saudara-saudara yang lain ceritanya pengen piknik bareng-bareng sekalian healing.😁

Toga Hill: Tempat wisata baru di Sumedang

Lokasi yang dituju adalah tempat wisata yang ada di sekitar Sumedang karena salah satu kerabat kebetulan hari itu mau melanjutkan perjalanan ke Cirebon.

Baca juga: 8 Kegiatan Bermanfaat untuk Anak TK di Kebun Pasir Mukti Bogor

Ok, cari tempat wisata yang ada di Sumedang, searching di Google dan juga TikTok dapet tuh beberapa rekomendasi tempat. Sampai akhirnya pilihan kami jatuh ke sebuah tempat wisata baru di Sumedang yang bernama Toga Hill.

Lokasi

Toga Hill adalah salah satu tujuan wisata alam yang berlokasi di Sukajaya, Kec. Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Bisa dibilang Toga Hill ini mah gak terlalu jauh dari Kota Bandung. Jarak dari tempat kami waktu itu (di sekitar Kiaracondong) kurang lebih 48 km.

Toga Hill Sumedang: Tempat Wisata untuk keluarga

Kami berangkat sekitar pukul 14:00 dan tiba di Toga Hill 1 jam kemudian.

Rute perjalanan ke Toga Hill

Waktu itu kami serombongan terdiri dari 3 mobil.

Rute perjalanan atau jalur yang kami tempuh yaitu Jalan Soekarno Hatta (By Pass) – Cileunyi – Jatinangor – Tanjung Sari – Cadas Pangeran.

Sengaja gak lewat tol Cisumdawu karena memang pengen lewat ke Jatinangor sambil mengenang masa bobogahan dulu.😊

Sekalian juga ngeliatin ke anak-anak kalau di Jatinangor ada dua kampus tenar yaitu ITB dan UNPAD. Siapa tau nanti rejeki mereka bisa kuliah di situ. Aamiin YRA.

Selepas dari Cadas Pangeran sebelum masuk ke pusat kota Sumedang, di Bunderan Polres Lama kami berbelok ke kanan ke arah Jalan Cut Nyak Dien lalu ke arah jalan Gunung Puyuh.

Bunderan Polres Lama di Sumedang

Saya ingat sewaktu kecil beberapa kali ke tempat ini karena nenek dimakamkan di situ.

Sesudah melewati Komplek Pemakanan Cut Nyak Dien, lalu terus ke arah Jalan Kampung Toga. Kami benar-benar mengandalkan aplikasi Google Map waktu perjalanan ke Toga Hill ini.

Kalau kalian nanti sudah menemukan sign ini, kalian tinggal belok kanan. Dari situ jalan mulai agak menanjak dan lumayan terjal plus berbelok-belok tajam sewaktu mau sampai ke lokasinya.

Jalan Kampung Toga Sumedang

Jadi, ada baiknya kalian memastikan kendaraan baik itu motor atau mobil dalam kondisi sehat ya kalau mau main ke sini.😉

Harga Tiket Masuk (HTM)

Penasaran gak berapa harga tiket masuk ke Toga Hill?

Ok, jadi waktu itu kami membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Itu sudah mendapatkan 1 lembar voucher makanan Rp10.000 dan 1 botol minuman air mineral ukuran 600 ml.

Harga Tiket Masuk (HTM) ke Toga Hill Sumedang adalah Rp20.000 per orang

O iya parkir mobil dikenakan tarif Rp10.000 per mobil.

Fasilitas

Sebagai salah satu destinasi liburan untuk keluarga, di Toga Hill Sumedang ini ada beberapa fasilitas yang bisa kalian dapatkan, di antaranya:

  • Tempat parkir kendaraan yang luas
  • Restoran yang bersih dengan view pemandangan alam yang indah dengan banyak pilihan menu makanan mulai dari nasi liwet, ayam goreng, sambal dll.
  • Banyak spot instagramable buat kalian yang hobi berfoto
  • Tempat duduk atau bangku untuk bersantai dengan keluarga
  • Mushola
  • Toilet yang bersih
  • Banyak pilihan tempat jajanan atau kuliner (tenant selain restoran)
  • Paralayang (*)

Pengalaman Berwisata di Toga Hill

Seperti yang saya bilang sebelumnya, saya ke Toga Hill ini sewaktu libur lebaran yang lalu. Ceritanya lagi mudik ke Bandung terus sewaktu kumpul bareng keluarga dapat ide tuh nyari tempat wisata yang punya view bagus, banyak spot buat foto-foto, bisa makan minum bareng keluarga dan lokasi gak terlalu jauh dari Bandung. Intinya kami mencari tempat wisata alam dan kuliner.

Dari beberapa lokasi wisata yang ada di Sumedang pilihan kami akhirnya tertuju ke Toga Hill. Apalagi tempat wisata yang satu ini ternyata masih baru beroperasi yaitu sebelum lebaran tahun ini tepatnya di 20 April 2023.

Nah, buat kalian yang mau menikmati pemandangan alam yang indah sambil menyantap aneka kuliner yang nikmat, kalian bisa mendapatkan pengalaman seru seperti yang kami dapatkan cuma di Toga Hill Sumedang.

Pengalaman Berwisata di Toga Hill Sumedang

Buat yang hobby foto-foto terus kaliaun upload di medsos, di Toga Hill kalian bisa dapatkan banyak spot foto yang instagramable banget.

Kesimpulan

Akhir kata, sesudah datang ke Toga Hill dan menikmati keindahan alamnya serta menikmati berbagai aktivitas yang ditawarkan bersama keluarga, saya sangat merekomendasikan tempat wisata ini untuk dikunjungi. Kenapa? Karena Toga Hill memberikan pengalaman yang gak terlupakan dan bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan.

Dari segi fasilitas, Toga Hill sudah cukup lengkap dan memadai. Dengan mengusung konsep yang juga sangat menarik yaitu wisata alam dan kuliner.

Saya pribadi berharap pengelola bisa meningkatkan lagi kualitas fasilitas dan pelayanan yang ada di Toga Hill supaya pengunjung dapat lebih nyaman dan puas selama berada di sana. 

Harga tiket masuk yang cukup terjangkau juga patut saya apresiasi.

Info yang saya dapatkan Toga Hill ini buka dari pagi sampai dengan malam hari. Sepertinya nanti kalau datang ke sini lagi saya harus mencoba menikmati pemandangan Kota Sumedang di malam hari.

Atau kalau memang memungkinkan adalah menginap bersama keluarga di beberapa tempat homestay yang ada di sekitar Toga Hill.😊

Sekian tulisan review Toga Hill dari saya, semoga dapat menjadi referensi bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Sumedang dan menikmati keindahan alamnya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan keindahan Toga Hill ketika berkunjung ya.

Terima kasih.

Referensi:
Instagram Toga Hill

Visited 28 times, 1 visit(s) today

Satu pemikiran pada “Review Toga Hill: Keindahan Wisata Alam Sumedang”

  1. Tinggalkan kepenatan kota dan temukan keindahan yang memikat di Capit Urang, wisata alam yang sedang menjadi sorotan di Kota Metro. Dikelola dengan penuh semangat oleh masyarakat setempat, Capit Urang memikat hati dengan pemandangan indah, suasana asri yang menenangkan, dan udara segar yang membelai wajah. Jauh dari hiruk pikuk kota, di sini Anda dapat menikmati kesendirian yang damai sambil merasakan sentuhan hangat dari sinar matahari. Nikmati petualangan di danau dengan perahu, sambil menyeruput kelezatan kuliner lokal yang disajikan di kedai makan yang beraneka ragam. Tersedia pula fasilitas lengkap seperti tempat beristirahat yang nyaman, area outbond yang menggugah adrenalin, dan spot camping yang menawarkan pengalaman berkemah yang tak terlupakan. Capit Urang Kota Metro, destinasi wisata yang indah dan menggetarkan jiwa.

    Balas

Tinggalkan komentar