Janji Taekwondo Indonesia: Menjadi Pemenang Sejati

Last Updated on April 20, 2023 by Yuri Adrian

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang janji taekwondo Indonesia dan bagaimana hal ini dapat membantu dalam membentuk karakter dan mental yang tangguh.

Taekwondo merupakan olahraga bela diri asal Korea yang telah berkembang di Indonesia dan memiliki banyak peminat. Namun, di balik teknik-teknik bela dirinya, terdapat janji taekwondo Indonesia yang memiliki nilai-nilai luhur untuk dijadikan pedoman dalam berlatih.

Mari kita simak bersama untuk menjadi pemenang sejati dengan memahami janji taekwondo Indonesia.

Taekwondo

Olahraga ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia, baik itu pria maupun wanita dari berbagai usia.

Bahkan, tidak sedikit anak-anak yang tertarik untuk belajar Taekwondo karena selain meningkatkan kesehatan fisik, juga dapat membentuk karakter dan mental yang tangguh.

Berlatih Taekwondo di Dojang Master, Bojonggede, Kabupaten Bogor

Dengan berlatih Taekwondo, seseorang juga diharapkan dapat menguasai teknik-teknik bela diri yang dapat digunakan untuk melindungi diri dari ancaman dan bahaya di sekitar.

Khususnya di Indonesia, Taekwondo memegang peran penting dalam menjunjung tinggi nilai-nilai bela diri dengan memahami nilai-nilai yang ada di dalam Janji Taekwondo Indonesia.

Makna dibalik kata “Taekwondo”

Sebagai olahraga yang berasal dari Korea, kata “Taekwondo” pun tak luput dari bahasa asalnya.

Terdiri dari 3 kata kunci, yaitu Tae (kaki), Kwon (tangan), dan Do (seni), Taekwondo memiliki arti sebagai seni mempertahankan diri dengan menggunakan tangan dan kaki sebagai senjata.

Apa induk organisasi taekwondo di Indonesia?

Bagi pecinta Taekwondo, pasti sudah tidak asing lagi dengan World Taekwondo Federation (WTF) atau World Taekwondo sebagai induk organisasi Taekwondo di tingkat internasional.

Namun, di tingkat nasional, adalah Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) yang menaungi seluruh perkumpulan Taekwondo di Indonesia.

Taekwondoin sabuk putih sedang berlatih tendangan

Lalu…

Bagaimana sejarah Taekwondo di Indonesia?

Tahun 1973, seorang master Taekwondo yang bernama Kim Un Yong membentuk sebuah Federasi Taekwondo Internasional (World Taekwondo Federation) yang bermarkas di Seoul, ibu kota Korea Selatan.

Di tahun 1973 juga untuk pertama kalinya berlangsung sebuah kejuaraan taekwondo dunia taekwondo.

Baca juga: Arti Warna Sabuk Taekwondo di Indonesia

Kegiatan yang bertajuk World Taekwondo Championships ini berlangsung pada 25-27 Mei 1973 di Seoul, Korea Selatan.

Sejak itulah, masyarakat dunia semakin mengenal olahraga bela diri yang satu ini.

Taekwondo mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk juga ke Indonesia.

Adalah Maurits Dominggus yang membawa taekwondo ke Indonesia pada tahun 1975. Beliau inilah yang nantinya akan mendirikan sebuah klub bernama Taekwondo Modus Club.

Mengutip informasi di http://taekwondomodusgor.blogspot.com/ jadi pada tahun 1968, Maurits Dominggos (pemegang sabuk hitam DAN V taekwondo) dari Belanda datang ke Indonesia.

Beliau kemudian membuka sebuah perguruan taekwondo di Koja, Tanjung Priok, dengan nama Jakarta Taekwondo Club yang menjadi ketua adalah Chris Coputty.

Pada tanggal 15 Juli 1974 terbentuk Institut Taekwondo Indonesia (INTINDO) yang bergabung dengan World Tae Kwon Do Federation (WTF).

Maurits Dominggos kemudian membentuk Taekwondo Modus Club yang akhirnya melebarkan sayapnya ke Bogor, Jawa Barat. Pusat latihan klub ini berlokasi di Gelanggang Olah Raga (GOR) Pajajaran, yang terletak di Jalan Pemuda No. 2, Kota Bogor. Nama “MODUS” pada Taekwondo Modus Club sendiri adalah singkatan nama pendirinya, Maurits Dominggos.

Kini, olahraga bela diri asal Korea Selatan ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa. Tidak hanya sebagai sarana olahraga semata, Taekwondo juga membekali pesertanya dengan keberanian, ketegasan, dan kedisiplinan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan mengenalkan tentang Janji Taekwondo Indonesia dan bagaimana Taekwondo dapat membantu menjadi pemenang sejati.

Lambang Taekwondo Indonesia

Lambangnya seperti di bawah ini…

Janji Taekwondo Indonesia dan Lambang Taekwondo Indonesia
Lambang Taekwondo Indonesia

Sekarang, kita lihat lebih detail lagi satu persatu arti bagian-bagian dari Lambang Taekwondo Indonesia itu ya.

  1. Perisai Bulat: Melambangkan kebulatan tekad dan keteguhan hati untuk membela persatuan dan kesatuan yang utuh dan bulat dari Taekwondo Indonesia.
  2. Kepalan Tangan: Dengan lima jari jemarinya melambangkan semangat perjuangan, keuletan dan ketekunan serta pantang menyerah
  3. Warna Hitam: Melambangkan suatu kekuatan atau ketahanan.
  4. Warna Kuning: Melambangkan kemuliaan dan kesejahteraan.
  5. Warna Merah Putih: Melambangkan kedaulatan Republik Indonesia.

Janji Taekwondo Indonesia

  1. Menjunjung tinggi nama Bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
  2. Mentaati Azas-azas Taekwondo Indonesia
  3. Menghormati Pengurus, Pelatih, Senior dan Sesama Taekwondoin dalam rangka mengembangkan Taekwondo Indonesia
  4. Selalu berlaku Jujur dan Bertanggung jawab, dalam menjaga nama baik Taekwondo Indonesia
  5. Menjadi Pembela Keadilan dan Kebenaran

Setiap taekwondoin Indonesia harus menjadikan Janji Taekwondo Indonesia ini sebagai komitmen dalam menekuni bela diri taekwondo.

Setiap kali akan memulai latihan, para taekwondoin harus mengucapkan janji tersebut dengan sungguh-sungguh.

Hal ini bertujuan agar taekwondoin bisa memahami makna yang terkandung di dalam janji taekwondo dengan baik dan terpatri di dalam hati.

Penutup

Terakhir, dengan mengucapkan janji Taekwondo Indonesia pada awal latihan, para taekwondoin dapat memahami dan menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalam janji tersebut.

Janji Taekwondo Indonesia merupakan cerminan dari sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh setiap taekwondoin Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam maupun di luar lingkungan latihan Taekwondo.

Oleh karena itu, taekwondoin harus selalu menghargai dan memegang teguh janji Taekwondo Indonesia dalam setiap langkah hidupnya.

Semoga artikel ini bermanfaat,

Salam Taekwondo!!

Visited 1,566 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan komentar