Awas Cuaca Ekstrim di Bulan November 2016

Dalam beberapa hari ini, saya sering mendapat kabar dari keluarga dan teman-teman yang tinggal di Bandung seringnya hujan deras yang mengguyur kota kembang dan menyebabkan banjir bandang di sejumlah wilayah kota tersebut. Di daerah tempat tinggal saya pun, Bojong Gede, intensitas hujan lebat disertai angin kencang dan petir hampir setiap hari terjadi terutama di sore dan malam hari. Juga di beberapa wilayah lain di Indonesia termasuk di Ibu Kota, Jakarta. Nah ternyata, menurut informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kejadian-kejadian tersebut dikarenakan potensi cuaca ekstrim di bulan November 2016 masih tinggi.

Masyarakat pun diminta untuk lebih waspada menghadapi cuaca esktrim di periode 13 – 20 November 2016. Wilayah-wilayah di Indonesia yang diprakirakan memiliki potensi hujan yang akan terus meningkat dalam periode tersebut adalah di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimatan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

BMKG pun memperingatkan masyarakat akan kemungkinan terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Khusus untuk wilayah perkotaan dan dataran tinggi, masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut seperti Jakarta dan Bandung supaya mengantisipasi terjadinya hujan lebat dengan durasi singkat yang dapat menyebabkan terjadinya genangan air dan banjir bandang.

Sebagai bentuk layanan kepada masyarakat untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi terutama cuaca ekstrim di bulan November 2016 ini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui :

  • Call Center 021-6546318
  • Web site http://www.bmkg.go.id
  • Twitter @infobmkg
  • Aplikasi playstore dan google play : infoBMKG

Semoga bermanfaat !

Source

http://www.bmkg.go.id/press-release/?p=potensi-cuaca-ekstrim-meningkat-masyarakat-dihimbau-waspada-periode-13-20-november-2016&tag=press-release&lang=ID
(Visited 72 times, 1 visits today)
SB1M Daftar Free Member untuk Dapatkan Tutorial How To Make Money Online

Tinggalkan komentar