Jadwal KRL Bojonggede Terbaru Gapeka 2023: Panduan Lengkap!

Last Updated on September 9, 2023 by Yuri Adrian

Halo, anker Bojonggede! Kamu pernah gak merasakan bagaimana rasanya berlari-larian di stasiun mengejar kereta yang sudah pergi menjauh? Saya pernah loh. Nah, dari pengalaman itu saya akan membagikan informasi penting nih. Yup, saya akan membahas tentang jadwal KRL Bojonggede terbaru sesuai dengan Gapeka 2023.

Pasti penasaran, kan?

Informasi ini nantinya bakalan membantu kamu dalam merencanakan perjalananmu dengan lebih cerdas dan efisien khususnya buat kamu-kamu yang berangkat dari Stasiun Bojonggede.

Halo, anker Bojonggede! Kamu pernah gak merasakan bagaimana rasanya berlari-larian di stasiun mengejar kereta yang sudah pergi menjauh? Saya pernah loh. Nah, dari pengalaman itu saya akan membagikan informasi penting nih. Yup, saya akan membahas tentang jadwal KRL Bojonggede terbaru sesuai dengan Gapeka 2023.

Baca juga: Tips Aman Naik Commuter Line untuk Pemula

Pasti penasaran, kan?😉

Tenang saja, informasi ini akan sangat membantu kamu dalam merencanakan perjalananmu dengan lebih cerdas dan efisien khususnya buat kalian yang berangkat dari Stasiun Bojonggede.

Gapeka 2023

What is Gapeka 2023?

Widiiih keren pakai bahasa engres.😁

Gapeka singkatan dari Grafik Perjalanan Kereta Api. Ini adalah sebuah panduan keren buat mengatur perjalanan kereta api. Gimana sih caranya?

Nah, adalah PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang membuat peta perjalanan kereta api dengan garis-garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi keretanya, mulai dari berangkat, berhenti, datang, sampai silang-silang dan saling menyusul.

Grafik Perjalanan Kereta Api 2023 yang berlaku mulai 1 Juni 2023
Gapeka 2023 yang berlaku mulai 1 Juni 2023

Keren banget, kan?

Jadi, singkatnya bisa dibilang kalau Gapeka itu adalah aturan resmi yang mengatur jadwal operasional kereta api di seluruh wilayah Indonesia.

Yang terbaru adalah Gapeka 2023 yang berlaku mulai 1 Juni 2023 menggantikan Gapeka 2021.

Pengaruh Gapeka 2023 terhadap jadwal KRL Commuter Line

Memangnya ada ya pengaruh perubahan Gapeka terhadap jadwal KRL Commuter Line?

Ada banget!😎

Saya kutip ya informasinya dari situs resmi PT KAI Commuter sebagai pengelola KRL Commuter Line.

Dalam implementasi Gapeka 2023 yang akan berlaku mulai 1 Juni 2023, PT KAI Commuter terus melakukan berbagai peningkatan layanan untuk para pengguna Commuter Line Jabodetabek di setiap perjalanan lintasnya.

Stasiun Cisauk
Stasiun Cisauk yang ada di jalur KRL Commuter Line Tanah Abang – Rangkasbitung

Salah satu upaya peningkatan tersebut adalah dengan meningkatkan kecepatan perjalanan, mengurangi jarak waktu antar kereta, dan menambah jumlah perjalanan Commuter Line pada koridor-koridor yang ramai pengguna.

Salah satu contoh peningkatan frekuensi perjalanan ini dilakukan pada lintas Commuter Line Bogor, terutama pada jam-jam sibuk pagi dan sore hari.

Mulai 1 Juni 2023, KAI Commuter akan mengoperasikan sebanyak 420 perjalanan Commuter Line Bogor dengan menggunakan 41 rangkaian kereta yang akan melayani pengguna di lintas tersebut.

Dengan adanya penambahan perjalanan ini, diharapkan para pengguna Commuter Line khususnya di jalur Bogor dapat menikmati pengalaman perjalanan yang lebih lancar dan nyaman.

Jadwal KRL Bojonggede Terbaru

Sebagai anak kereta yang berangkat dari Stasiun Bojonggede dan pulangnya juga ke Stasiun Bojonggede, kalian harus mengetahui jadwal KRL Bojonggede terbaru yang sudah sesuai dengan Gapeka 2023.

Jadwal KRL Bojonggede Terbaru Gapeka 2023
Jadwal KRL Commuter Line relasi Stasiun Bogor – Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Bojonggede itu dilayani oleh KRL Commuter Line tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota dan juga sebaliknya tujuan akhir Stasiun Bogor.

Dari jadwal KRL Bojonggede terbaru yang sudah sesuai dengan Gapeka 2023, kereta pertama yang berangkat dari Stasiun Bojonggede adalah KA Nomor 1047.

KA Nomor 1047 tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota ini berangkat pukul 04:16 waktu Bojong Gede.😁

Kabar gembira buat kalian yang suka banget naik kereta Bojong Balik alias kereta yang pemberangkatan awalnya dari Stasiun Bojonggede juga tetap ada di jadwal terbaru ini.

Sekarang di jadwal terbaru sesuai Gapeka 2023 jadi ada 2 kali jadwal kereta Bojong Balik yaitu:

  • KA 1070 (Bojonggede – Jakarta Kota) berangkat pukul 05:40 WIB.
  • KA 1087 (Bojonggede – Jakarta Kota) berangkat pukul 06:01 WIB.

Di jam-jam sibuk pagi dan juga sore hari, headway atau jarak antar kereta adalah rata-rata selama 5 menit.

Beberapa jadwal pemberangkatan KRL dari Stasiun Bojonggede (Kode: BJD) khususnya di jam-jam sibuk pagi hari bisa kalian lihat di bawah ini.

Jadwal KRL Bojonggede Terbaru Gapeka 2023
Jadwal KRL Bojonggede terbaru Gapeka 2023 di jam-jam sibuk pagi hari

Buat kalian yang mau lihat jadwal lengkapnya, kalian bisa langsung unduh di Jadwal Commuter Line Terbaru Berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023.

Tips naik KRL Commuter Line

Siapa di antara kalian yang baru saja memutuskan “menjadi anak kereta adalah jalan ninjaku”?

Kalau ada, sebaiknya kalian simak beberapa tips naik KRL Commuter Line di bawah ini.😉

  • Rencanakan perjalanan, penting banget buat kamu mau naik dan turun di stasiun mana, naik kereta jam berapa.
  • Pakai aplikasi resmi KRL Access atau C-Access biar kalian bisa lihat jadwal atau juga pantau posisi kereta dari Hp.
  • Siapkan tiket KRL. Bisa KMT (Kartu Multi Trip), kartu uang elektronik bank atau juga pakai Gopay.
  • Pastikan saldo minimum KMT atau kartu uang elektronik bank adalah Rp5.000 (di gate out).
  • Pandemi COVID-19 sudah lewat, tapi aturan pakai masker tetap berlaku di KRL Commuter Line.
  • Waktu nunggu kereta datang di peron, pastikan kalian berdiri di belakang garis aman yaitu garis yang berwarna kuning.
  • Ingat, di semua rangkaian KRL Commuter Line ada dua kereta khusus wanita yaitu kereta yang paling depan dan paling belakang. Buat kamu yang cowok jangan sampai salah naik ya.
  • Pastikan barang bawaan yang kalian bawa itu aman. Tidak ketinggalan, tertukar atau diambil oleh orang-orang yang gak bertanggung jawab. Harus selalu waspada. Ingat! Ingat!
  • Kalau ada kesulitan, jangan malu buat meminta bantuan atau bertanya kepada petugas ya.

Tanya Jawab tentang Jadwal KRL Bojonggede Terbaru Gapeka 2023

Nah, di bagian akhri ini kita akan jawab beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar jadwal KRL Bojonggede yang baru dan Gapeka 2023.

Pagi hari di Stasiun Bojonggede
Pagi hari di Stasiun Bojonggede

Semoga jawaban-jawaban ini bisa bantu kalian lebih paham ya!

“Eh, Gapeka 2023 tuh apa sih dan kaitannya sama jadwal KRL Bojonggede?”
Gapeka 2023 itu adalah sebuah pedoman baru buat atur perjalanan kereta api. Gapeka ini punya peran penting banget buat menentukan jadwal keberangkatan dan kedatangan semua kereta termasuk KRL Bojonggede.

“Kalo mau tau jadwal KRL Bojonggede yang baru, caranya gimana sih?”
Untuk mendapatkan info jadwal KRL Bojonggede yang baru, kamu bisa akses lewat aplikasi, website juga sosial media kepunyaan PT KAI Commuter

“Jadwal KRL Bojonggede bisa berubah-ubah nggak sih?”
Meskipun Gapeka 2023 udah ngasih pedoman yang tetap, tapi tetep aja ada kemungkinan jadwal KRL Bojonggede berubah, guys. Ada beberapa faktor yang bisa pengaruhin, kayak kondisi operasional, perbaikan jalan rel, atau bahkan keadaan darurat. Makanya, sebaiknya cek terus info jadwal terbaru sebelum berangkat, biar nggak ketinggalan.

“Kalo ada keterlambatan atau pembatalan perjalanan, harus gimana?”
Kalo ternyata ada keterlambatan atau pembatalan perjalanan, PT KAI Commuter bakal kasih info dan pengumuman buat para penumpang. Kalau kalian mengalamin hal kayak gini, sebaiknya ikuti petunjuk dari petugas atau bisa juga cari info lebih lanjut lewat loket atau layanan pelanggan yang ada.

Dengan jawab pertanyaan-pertanyaan di atas, semoga bisa bantu kalian lebih paham tentang jadwal KRL Bojonggede terbaru yang sesuai dengan Gapeka 2023.

Semoga informasi ini bermanfaat. Kalau kamu berbagi pengalaman seputar pengalaman naik KRL Commuter Line dari Stasiun Bojonggede, kamu bisa cerita dengan mengisi kolom komentar di bawah ya.

Terima kasih.

Visited 14 times, 1 visit(s) today

Tinggalkan komentar