Gerakan Tanpa Kantong Plastik di Bojonggede

Halo, teman-teman di Bojonggede!! Sudah tahu belom kalau sekarang sudah ada gerakan tanpa kantong plastik di Bojonggede tercintah ini??!!

Ah serius???

Coba deh teman-teman belanja ke:

Alfamart atau Indomaret yang ada di deket rumah

Pastinya, kalau habis belanja bakalan gak dikasih kantong plasting alias keresek belanja. Eaa kan?

Kalau cuma beli chiki mah gak bakalan repot ya bawanya. Lah, kalau beli minuman botol, shampo, keperluan dapur dll kan riweuh kalau gak pake wadah. 😁

Emangnya sejak kapan sih ada gerakan tanpa kantong plastik di Bojonggede ini???

Gerakan Tanpa Kantong Plastik di Bojonggede

Keren kan ya? 😎

Yup, semua itu sesuai dengan

Peraturan Bupati Bogor Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Pengurangan Plastik dan Styrofoam

Perbup ini resmi diberlakukann pada 17 Agustus 2019 lalu bertepatan dengan perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di tingkat Kabupaten Bogor.

Dikutip dari situs resmi Pemkab Bogor, Bupati Bogor, Ade Yasin menjelaskan bahwa:

Peraturan ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk mewujudkan pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup yang lebih berkualitas dengan mengurangi dan membatasi penggunaan plastik.

Nah, begitu teman-teman yang dijelaskan oleh Ibu Bupati Bogor sewaktu menjadi Inspektur upacara HUT ke-74 RI di Lapangan Tegar Beriman, Kabupaten Bogor.

Gak cuma di Alfamart dan Indomaret loh teman-teman. Di semua toko modern dan pusat perbelanjaan yang ada di wilayah Kabupaten Bogor tidak lagi menyediakan kantong plastik.

Baca juga: Cara Isi Saldo Isaku Lewat BCA Mobile

Sementara itu, di hotel, restoran dan cafe tidak boleh menyediakan sedotan plastik dan styrofoam.

Gerakan Tanpa Kantong Plastik di Bojonggede

Di level perangkat daerah, instansi vertikal, badan usaha milik daerah, badan usaha milik negara, badan usaha milik swasta dan lembaga pendidikan, supaya mengurangi kemasan plastik di kegiatan rapat atau sosialisasi dan kegiatan sejenis.

Teman-teman semua pastinya sudah tahu dong dan sering dengar kalau masalah sampah khususnya plastik di negara kita ini sekarang sudah sangat menghariwangkan alias mengkhawatirkan.

Dan, negara kita Indonesia tercinta ini adalah:

Negara nomor 2 penghasil limbah plastik terbanyak di dunia

Sedih banget ya dengernya. 😔

Nah sekarang kewajiban kita yaitu mulai mengurangi atau kalau bisa sih sama sekali gak pakai lagi kantong plastik.

Memang susah sih, tapi gak ada salahnya kita mulai dulu dari diri kita masing-masing. Yup, kita harus mulai membiasakan hidup ramah lingkungan.

Salah satu contohnya nih, kalau belanja ke Alfamart atau Indomaret dekat rumah, bawa tuh kantong belanja pakai ulang yang ramah lingkungan. (((Kalau sekarang mah wajib!!!)))

Kalau belum punya kantongnya teman-teman bisa langsung beli di Alfamart atau Indomaret terdekat. Harganya gak terlalu mahal, ukurannya beda ada yang kecil, ada juga yang besar.

Gerakan Tanpa Kantong Plastik di Bojonggede

Belinya agak banyak, simpan satu di tas, di motor, di mobil, pokoknya kemana-mana bawa deh. Gak ribet koq!! 😉

Okeh teman-teman, mulai sekarang juga hayuu kita dukung Gerakan Tanpa Kantong Plastik di Bojonggede!!

🙏


Sumber: LIPUTAN6, BOGORKAB.GO.ID

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *