Tukang Cuanki di Bandung Yang Keliling Aja Sudah ENAK!!

Kalo lagi pulkam alias pulang kampung ke Bandung, salah satu kuliner yang harus dinikmati adalah CUANKI. Nah, tukang cuanki di Bandung yang keliling aja itu rasanya sudah enak beut dah!! 😋

Mamang tukang cuanki yang dipikul dan keliling kampung atau komplek perumahan, di Bandung mah masih banyak.

Cuanki, apa sih itu??

Ada yang bilang, Cuanki itu singkatan dari “Cari Uang Jalan Kaki”.

Sesuai kan dengan namanya, dari waktu saya kecil, yang saya tau tukang cuanki itu selalu pakai pikulan, jalan kaki sambil bunyiin alat semacam kentongan kayu. (((Khas banget dah suaranya, pasti langsung apal kalau itu MAMANG CUANKI 😁)))

Cuanki di Bandung yang dijual keliling kampung

Tapi, ada juga yang bilang mun cuanki itu adalah singkatan dari ‘Cul Anak Salaki’. 🤔

Jadi, konon katanya mah dulu yang dagang makanan ini adalah ibu-ibu. Mereka berjualan cuanki sampai harus ninggalin anak-anak dan suaminya (cul anak salaki, CMIIW).

Baca juga gaes: Bakso Pedas Enak di Bojonggede

Kembali ke

Cuanki itu teh apaa???

Coba lihat deh..

Cuanki di Bandung yang dijual keliling kampung

Biasanya yang mamang tukang cuanki selalu siapin itu adalah:

  • Bakso
  • Tahu kering
  • Siomai kering
  • Siomai basah

Yang jadi ciri khas cuanki itu adalah kuahnya yang gurih banget!! Beda sama kuah bakso malang atau bakso biasa.

Cuanki itu juga gak pakai mie, beda sama bakso malang atau bakso.

Kalo saya, setiap pesen cuanki, bumbu tambahannya itu cukup sambel yang banyak. 🔥😋

Tambahin sambel yang banyak kalau beli cuanki di Bandung

Gak pake saos, tapi bolehlah ditambahin juga cuka sedikit aja. (((Beuuuh ajiiiib pisan)))

Harganya berapa??

Satu porsi cuanki, harga terakhir ya, pas mudik lebaran kemarin: Rp10.000.

Emang kenyak semangkok gitu?? 🍜

Kalo emang kurang kenyang, bisa juga makannya disanguin alias tambah nasi ya.

Tukang Cuanki di Bandung yang keliling kampung atau komplek

Atau nambah aja, kayak anak-anak dan istri saya, makannya minimal 2 porsi. 😄

Itu kan mamang yang jualannya keliling ya?

Kalo cuanki yang mangkal ada gak sih??

Ada dong. Salah satunya yang bisa temen-temen coba adalah Cuanki Serayu. Adanya di Jalan Serayu di sekitaran Cihapit.

Kata orangnya sih rasanya enak. 😁

Jujur aja, kalo saya mah belum pernah nyobain. Saya mah apa atuh, dari kecil kalo beli cuanki cukup beli di mamang yang lewat depan rumah. Gak pernah jauh-jauh dari rumah.

🙏🙏

(Visited 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *