Avengers Versi Kearifan Lokal (KEREN BANGET)

Halo teman-teman!! Pasti sudah sering ya lihat tokoh-tokoh superhero di cerita Avengers, misal Iron Man, Kapten Amerika, Thor, Hulk dkk. Nah, kalau lihat Avengers versi kearifan lokal, sudah pernah belum?? 😉

Emangnya ada??

Ada dong, karakter-karakter superhero Avengers versi kearifan lokal karya anak bangsa ini dibuat oleh seorang comic artist bernama Is Yuniarto. Beliau ini adalah salah satu komikus muda papan atas di Indonesia lho!! 👏👏👏

Penasaran kan seperti apa??

Baca juga: Nama-nama Avengers Kalau Lahir di Indonesia

Kita lihat langsung saja yaa…

➡ Tano Subakhtaar

Tokoh Tano Subakhtaar, karya Is Yuniarto, dalam cerita Adiwira Wilwatikta.

Kalau di Avengers ada Thanos, di cerita Adiwira Wilwatikta ciptaan Is Yuniarto ada Tano Subakhtaar.

Seorang mantan Jenderal Mongol yang berambisi membalas kekalahan pasukan Tartar di Jawadwipa puluhan tahun lalu. Ia bersumpah akan menghancurkan kerjaan Wilwatikta. Pasukan di bawah pimpinannya tak pernah gagal menaklukkan benteng lawan. Kini Jenderal Tano membawa pasukan tempurnya ke Jawadwipa mencari mustika bintang semesta yang konon bisa memberikan kekuatan magis.

➡ Wesijalma

Wesijalma, tokoh dalam cerita Adiwira Wilwatikta, karya Is Yuniarto

Wesijalma kalau diartikan menjadi “Manusia Besi”. (((CMIIW)))

Wesijalma alias Tosan Attarka adalah saudagar flamboyan terkenal dari kota pelabuhan Tuban yang memiliki jaringan dagang hingga ke Campa, Siam dan Tiongkok. Dalam perjalanannya ia mengumpulkan beragam jenis senjata dan bajuu zirah untuk dipelajari dan dikembangkan demi kebutuhan militer kerajaan Wilwatikta, salah satunya adalah meriam mini cetbang yang membuat armada perang Wilwatikta superior.

➡ Senopati Satya Roja

Senopati Satya Roja, tokoh dalam cerita Adiwira Wilwatikta, karya Is Yuniarto

(((Senopati Satya Roja, KEREN BANGET INI MAH!!)))

Termasuk prajurit yang mendampingi Raden Wijaya sejak Wilwatikta didirikan. Suatu saat ketika mengejar musuh, Satya Roja terkena jurus tapak beracun dari gembong pemberontak “Tengkorak Abang”. Ia terjatuh ke kawah Gunung Wilis dan tubuhnya membeku seperti batu. 70 tahun kemudian efek racunnya sirna dan Satya Roja kembali menyandang perisai ‘Surya Wilwatikta’ bercorak panji kerajaan merah putih untuk mengabdi pada keturunan Raden Wijaya, yakni Sang Rajasanegara Hayam Wuruk.

➡ Kalangga

Kalangga, tokoh dalam Cerita Adiwira Wilwatikta, karya Is Yuniarto

Kalangga bernama asli Petir Parikesiat adalah remaja yang berprofesi sebagai pembuat ukiran dinding dari desa di Setalan Trowulan. Suatu hari desanya diserang gerombolan penyamun, Petir lari ke hutan dan bersembunyi di sebuah gua. Di sana ia digigit oleh seekor laba-laba beracun yang berusia ratusan tahun. Rupanya racun langka tersebut membuat tubuh Petir memiliki kekuatan yang menyerupai laba-laba.

➡ Randa Ireng

Randa Ireng, tokoh Avengers versi kearifan lokal dalam cerita Adiwira Wilwatikta, karya Is Yuniarto

(((Randa Ireng, mirip dengan tokoh Black Widow)))

Anggota Telik Sandi Wilwatikta yang memiliki nama asli Dyan nata Shamahita dari Kahuripan. Pernah menjadi pengawal pribadi Rani Tribhuwana Tungga Dewi. Randa sejak kecil dilatih bela diri ‘Sundang Majapahit’ hingga mahir dalam penaklukan, penyusupan dan perlindungan. Randa Ireng juga turut dalam ekspedisi penumpasan pemberontakan di berbagai daerah.

➡ Mpu Geledek

Mpu Geledek, tokoh dalam cerita Avengers versi kearifan lokal, Adiwira Wilwatikta, karya Is Yuniarto.

Sebelum menyandang gelar Mpu Geledek, ia dikenal dengan nama Tora Indraputra. Seorang brahmana yang tinggal di gunung Semeru, Para bangsawang dan pendekar yang terpilih datang kepadanya untuk meminta Mpu Geledek menempa senjata dengan Palu Saktinya ‘Brajagoda’. Rumor mengatakan bahwa Mpu Geledek adalah titisan dewa petir Batara Indra.

Setuju kan kalau tokoh-tokoh Avengers versi kearifan lokal dalam cerita Adiwira Wilwatikta ini keren-keren.

Kalau mau lihat lebih lengkap bisa dicek langsung di IG kepunyaan sang kreatornya, Is Yuniarto.

Semoga menghibur. 🙏🙏


Sumber

Featured image: KISSPNG

(Visited 16 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *