Olahraga

18 Cabang Olahraga di Asian Para Games 2018

Cabang olahraga di Asian Para Games 2018

Asian Games 2018 sudah selesai, selanjutnya masih ada satu lagi event olahraga yang digelar di Indonesia, tepatnya di Jakarta yang bertindak sebagai tuan rumah. Yup, nama eventnya Asian Para Games 2018, 6-13 Oktober 2018. Ada sebanyak 18 cabang olahraga di Asian Para Games 2018 yang akan diikuti oleh sekitar 3000 orang atlet dari 43 negara.

Penasaran kan cabang olahraga apa saja yang dipertandingkan di Asian Para Games 2018? Yuk kita lihat bersama-sama.

1 Archery

Dikenal juga dengan para archery adalah olahraga memanah atau panahan.

Sebelum menghadapi Asian Para Games 2018, atlet-atlet para archery Indonesia sudah melakukan ‘pemanasan’ di ASEAN Para Games 2017 lalu dan berhasil mendapatkan 1 emas dan 2 perak.

2 Para Athletics

Di cabang para atletik, salah satu atlet andalan Indonesia adalah Nanda Mei Sholihah. Peraih 3 medali emas di kejuaraan ASEAN Para Games 2017.

3 Badminton

Olahraga Bulutangkis dipertandingkan di ajang Asian Para Games 2018. Sepertinya, cabang olahraga ini tetap menjadi andalan Indonesia untuk mendapatkan medali.

Atlet-atlet bulutangkis andalan Indonesia diantaranya Ukun Rukaendi dan Fredy Setiawan, yang berhasil menyumbang medali emas di ajang Asian Para Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Ukun Rukaendi, salah satu atlet andalan Indonesia di cabang olahraga Bulutangkis Asian Para Games 2018, via asianparagames2018.id

Ukun Rukaendi, salah satu atlet andalan Indonesia di cabang olahraga Bulutangkis Asian Para Games 2018, via asianparagames2018.id

4 Boccia

Boccia adalah cabang olahraga yang memang khusus dimainkan oleh atlet-atlet yang memiliki gangguan motorik.

View this post on Instagram

Selamat hari Senin #ParaInspirasi! yuk kita sama-sama mengenal Boccia! Apa sih Boccia itu? Boccia merupakan salah satu diantara 18 cabang olahraga yang akan ditandingkan di Asian Para Games 2018. Boccia dibuat khusus untuk atlet dengan cerebral palsy atau yang memiliki gangguan motorik. Boccia bisa dimainkan secara tunggal, ganda, maupun berkelompok yang berisi 3 orang pemain. Ada tiga warna bola yang berbeda dalam pertandingan Boccia yakni merah, biru, dan putih. Satu pemain atau tim memiliki bola berwarna merah, sementara lawan memiliki bola biru. Sementara bola putih memiliki fungsi menjadi bola target yang disebut sebagai “jack”. Lalu bagaimana cara bermain dan memenangkan permainan Boccia? Setiap atlet harus berusaha untuk melempar atau mengarahkan bola yang mereka miliki sedekat mungkin dengan bola putih “jack”. Atlet yang dapat melemparkan bolanya paling dekat dengan bola “jack” dianggap berhak mendapatkan satu poin. Atlet atau kelompok yang berhasil mendapatkan poin terbanyak dianggap sebagai pemenang. Seru kan Boccia ini? Yuk tag keluarga dan temanmu agar mereka juga mengenal Boccia! Semakin banyak yang mengenal Boccia akan semakin banyak pula dukungan yang lahir untuk para atlet Boccia yang akan bertanding di Asian Para Games 2018. Setiap dukunganmu sangatlah berarti bagi kesuksesan acara dan para atlet yang akan bertanding nanti! Let’s spread the Inspiring Spirit and Energy of Asia! #ParaInspirasi #AsianParaGames2018

A post shared by Asian Para Games 2018 (@asianpg2018) on

Di bawah ini bisa dilihat bagaimana cabang olahraga Boccia dimainkan.

5 CHESS

Tidak seperti di Asian Games 2018 lalu, catur menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Para Games 2018.

View this post on Instagram

Di ajang ASEAN Para Games 2017, tim catur Indonesia mencetak prestasi yang membanggakan lho! Mereka berhasil membawa pulang 28 medali. Medali apa saja kah itu? simak di post ini yuk! Yuk berbagi fakta penuh inspirasi ini kepada keluarga dan temanmu untuk membuat mereka bangga dan bersemangat untuk mendukung para atlet. Pastikan kamu menyaksikan para atlet mencetak sejarah baru di Asian Para Games 2018 yang akan diadakan pada tanggal 6-13 Oktober nanti. Dukung mereka untuk membuat Indonesia kembali bangga! ———————————————— In ASEAN Para Games 2017, the Indonesian Chess team made an amazing achievement by winning 28 medals. Do you wonder what medals are those? Check it out on this post! Let's share this inspiring fact with your family and friends to make them proud and excited to support this event. Make sure you will witness the athletes making the new history in Asian Para Games 2018 on 6-13 October. Support them to make Indonesia proud again! #ParaInspirasi #AsianParaGames2018

A post shared by Asian Para Games 2018 (@asianpg2018) on

Pertandingan catur di ASEAN Para Games 2017, via asianparalympic.org

Pertandingan catur di ASEAN Para Games 2017, Kuala Lumpur, via asianparalympic.org

Dan kabarnya, catur menjadi salah satu andalan Indonesia untuk meraih banyak medali di Asian Para Games 2018 nanti.

(Visited 135 times, 1 visits today)

Leave a Comment