Info Bojonggede Islam

Inilah Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Yang Benar

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri

Assalamu’alaikum !! Halo Warga Bojonggede !! Sudah mudik ke kampung halaman masing-masing? Nah, bulan suci Ramadhan 2018 sudah hampir selesai, tinggal tinggal beberapa hari. Setelah berpuasa dan beribadah penuh selama satu bulan, tibalah hari yang dinanti yaitu Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal. Hari itu adalah hari yang sangat ditunggu oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia, termasuk di negara kita tercinta ini. Ada banyak kata-kata yang bisa diucapkan di saat lebaran, tapi warga Bojonggede, ada satu ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang benar yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Mau tahu seperti apa sih ucapan tersebut?

Ok, pertama…

Ucapan Yang Benar

Yang diberikan kepada sanak saudara ataupun teman-teman di Hari Raya Idul Fitri yang sesuai dengan contoh yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya adalah “Taqobbalallohu Minna Wa Minkum”.

Ucapan ini kurang lebih artinya adalah Semoga Alloh menerima ibadahku dan ibadahmu.

Secara harfiah “Taqobbalallohu Minna Wa Minkum” mempunyai arti mendoakan kepada diri sendiri dan kepada lawan bicara, sebagai ungkapan kesyukuran dan kegembiraan setelah dapat menyelesaikan ibadah puasa Ramadhan satu bulan penuh.

[ Baca juga: Bacaan Doa Lailatul Qadar Yang Benar ]

Nah, bagaimana cara menjawab jika ada yang mengucapkan kata-kata tersebut kepada kita?

Jawabnya adalah dengan mengucapkan kalimat berikut: “Na’am, taqobbalallohu Minna Wa Minkum”.

Sumber 1

Kedua adalah…

Yang Paling Umum Diucapkan

Adalah kata-kata berikut ini yang paling banyak dan sering dijumpai di hari lebaran, yaitu Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Atau kata-kata berikut ini :

Jika jemari tak sempat berjabat,
jika ada kata membakar lara, menusuk hati,
semoga pintu maaf masih terbuka.
Selamat menyambut Hari Raya Iedul Fitri 1439 H,
Mohon Maaf Lahir & Bathin.

Ya Rabbi, berkahi umur kami hingga Ramadhan ditahun depan.
Sucikan hati kami untuk bisa memaafkan saudara kami.
Taqabalallahu minna wa minkum.

Ketiga…

Dalam Bahasa Daerah

Misalnya berikut ini adalah ucapan Hari Raya Idul Fitri dalam bahasa Sunda :

Wilujeng Idul Fitri 1438H, sim kuring neda dihapunten samudaya kalepatan. Kuring neda dihapunten kana samudaya kalepatan, boh bilih aya cariosan anu matak ngarahetkeun kana manah, da sadayana oge mung saukur heureuy, manusa mah teu tiasa lumpat tina kalepatan jeung kakhilafan

Atau dalam bahasa Jawa seperti berikut:

Ngaturaken wilujeng Ied Fitri 1439 H.
Nyuwun gunging pangapunten.
Mugi kita kanugrahan jatining fitrah saking Gusti ingkang Maha Mirah.
Amien..

Ucapan-ucapan di atas tadi adalah sedikit contoh yang dapat diucapkan di Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Intinya sih saling mendoakan kebaikan.

Tapi kalau warga Bojonggede ingin memberikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri yang sesuai dengan contoh Nabi Muhammad SAW, maka lebih baik ucapkanlah “Taqobbalallohu Minna Wa Minkum”.

Kalau tidak bisa mengucapkannya secara langsung, zaman now ini banyak sekali media yang bisa digunakan untuk tetap menjaga tali silaturahim. Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri ini bisa juga dikirim melalui SMS, WA, BBM dan tentu saja melalui media sosial.

Semoga Bermanfaat !!

(Visited 73 times, 1 visits today)

Leave a Comment