Info Bojonggede

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BCA di Bojonggede Bogor

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BCA di Bojonggede Bogor
Written by Yuri Adrian

Saya punya sebuah sepeda motor Yamaha yang berplat nomor B (Polda Metro Jaya) sedangkan saya sendiri tinggal di Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Pajak tahunan motor saya itu jatuh tempo hari ini, Jumat 03-11-2017. Nah, berikut ini adalah bagaimana cara bayar pajak motor lewat ATM BCA di Bojonggede Bogor. Memang bisa?

Bisa…tapi ada syaratnya loh.

O iya, nama fasilitas pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online di Provinsi Jawa Barat ini namanya adalah e-Samsat. Program ini ternyata sudah ada sejak tahun 2014 yang lalu. Seperti dikutip dari website Bapenda Pemprov Jawa Barat, layanan ini dibuat untuk mempermudah masyarakat Jawa Barat melaksanakan kewajibannya dalam hal membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahunan melalui mesin ATM.

Kalau pada awal peluncuran program ini hanya bekerja sama dengan Bank Jabar Banten (BJB) maka di tahun 2016, Tim Pembina Samsat Jawa Barat yang terdiri dari Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Barat, Kepolisian Daerah Jawa Barat, dan Jasa Raharja Jawa Barat sudah bekerja sama dengan bank lainnya.

Ada tiga bank yang bekerja sama dengan e-Samsat ini yaitu Bank BRI, Bank BNI dan Bank BCA.

Ok, kembali ke persyaratan.

Pertama, pastikan pada lembar Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) di STNK kendaraan Anda, masuk ke dalam wilayah Samsat Provinsi Jawa Barat. Seperti motor saya ini, plat nomornya B, tapi SKPD nya terdaftar di Samsat Provinsi Jawa Barat.

Pastikan Ada Tulisan Ini, SAMSAT Provinsi Jawa Barat

Pastikan ada tulisan ini ya, SAMSAT Provinsi Jawa Barat.

Kedua, kirim SMS nomor 0811-211-9211 dengan format: esamsat [spasi] nomor rangka [spasi] Nomor e-KTP.

Contoh SMS yang saya kirim ke e-samsat

Contoh SMS yang saya kirim ke e-samsat

SMS ini fungsinya apa sih? Fungsinya adalah untuk mengecek apakah data pemilik kendaraan sesuai dengan data yang ada di server Samsat Jabar.

Setelah mengirimkan SMS seperti di atas tadi, saya langsung mendapatkan balasan seperti di bawah ini :

Data yang saya kirim ternyata sesuai dengan data yang ada di server Samsat Jabar

Data yang saya kirim lewat SMS ternyata sesuai dengan data yang ada di server Samsat Provinsi Jawa Barat

Di dalam sms balasan dari e-Samsat, tertera jumlah pajak yang harus saya bayar, termasuk rinciannya dan juga tanggal jatuh tempo.

Catat baik-baik Kode Bayar (KD BYR) yang terdiri dari 16 digit angka, karena kode ini nantinya dipakai waktu melakukan pembayaran lewat ATM.

Ketiga, segera pergi ke ATM BCA terdekat.

Pilih Jenis Pembayaran -> MPN / PAJAK

Pilih Jenis Pembayaran MPN/Pajak

Pilih jenis pembayaran MPN/Pajak

Lanjutkan ke pilihan -> PAJAK KENDARAAN

Pilih Transaksi Pajak Kendaraan

Pilih transaksi Pajak Kendaraan

Kemudian pilih -> PEMBAYARAN PAJAK

Pilih Menu Pembayaran Pajak

Pilih Menu Pembayaran Pajak

Masukkan Kode Provinsi -> 032

Masukkan 032 Kode Provinsi Jawa Barat

Masukkan 3 Digit Kode Provinis, 032 adalah Kode Provinsi Jawa Barat

Masukan 16 digit -> KODE BAYAR

Masukkan Kode Bayar (KD BYR) yang ada di SMS

Masukkan Kode Bayar (KD BYR) yang ada di SMS

Seharusnya, setelah memasukkan KODE BAYAR dan tekan tombol BENAR, akan keluar struk pembayaran yang menyatakan proses pembayaran pajak kendaraan berhasil.

Struk pembayaran tersebut adalah sudah menjadi bukti pembayaran yang sah. Harus disimpan ditempat yang aman karena tinta di struk ATM biasanya cepat pudar.

Untuk menyelesaikan proses pembayaran pajak kendaraan ini, struk ATM tersebut nantinya harus dibawa ke Kantor Samsat Kota Depok untuk ditukar dengan bukti pembayarannya di loket khusus pelayanan e-samsat. Maksimal waktu adalah satu minggu dari tanggal dikeluarkananya struk ATM tersebut.

Jangan lupa bawa dokumen persyaratan perpanjangan STNK yang asli : BPKB (untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya), STNK, KTP dan Struk ATM Asli.

Saya sendiri, tidak berhasil atau GAGAL melakukan transaksi pembayaran lewat ATM BCA. Walaupun sudah input KODE BAYAR dengan benar, tetap saja muncul notifikasi pesan kesalahan KODE BAYAR TIDAK TERDAFTAR.

Ternyata setelah ditelurusi, rekening BANK BCA yang saya gunakan untuk membayar pajak kendaraan datanya tidak sesuai dengan data yang ada di e-KTP / Data Kependudukan. Karena itulah transaksi ditolak. Alhasil, selanjutnya saya harus datang ke Outlet Samsat yang ada di ITC Depok.

Kredit untuk Kang Deni Yudiawan (Alumni SMPN 3 Bandung Angkatan 92) untuk artikelnya http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/cara-bayar-pajak-kendaraan-di-atm

Selamat mencoba !!

 

(Visited 329 times, 1 visits today)

Leave a Comment