Juventus

Ketika Gawang Sang Nyonya Tua Tak Mampu Ditembus Blaugrana

Ketika Gawang Sang Nyonya Tua Tak Mampu Ditembus Blaugrana
Written by Yuri Adrian

Sebagai seorang pendukung Juve, saya sangat senang dan puas melihat pertandingan Liga Champions dini hari tadi. Dalam pertandingan di Juventus Stadion itu memperlihatkan ketika gawang Sang Nyonya Tua tak mampu ditembus Blaugrana. Skor akhir 3-0 benar-benar menunjukkan keperkasaan Juve dari lawannya, Barca.

Pelatih Massimiliano Allegri dalam pertandingan ini memasang formasi 4-2-3-1  dengan

STARTING XI

Buffon; Chiellini, Bonnuci, Alex Sandro, Dani Alves; Pjanic, Khedira; Mandzukic, Dybala, Cuadrado; Higuain.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ternyata Massimiliano Allegri menetapi janjinya untuk memasang empat orang pemain bertipe menyerang secara bersamaan di lini depan : Higuain, Dybala, Mandzukic dan Cuadrado.

BRACE LA JOYA

Bintang Argentina yang bersinar di laga dini hari tadi bukanlah Lionel Messi. Adalah striker Juve, Paolo Dybala yang bermain sangat apik untuk bisa mencetak dua gol di babak pertama.

Gol yang dicetak La Joya masing-masing tercipta di menit ke-7 dan ke-22.

Gol pertama. memanfaatkan umpan dari Cuadrado yang menusuk sisi kiri pertahanan Barcelona. Tendangan kaki kiri Dybala tidak mampu dibendung penjaga gawang Marc-André ter Stegen.

Gol kedua, kali ini giliran memanfaatkan umpan Mandzukic yang menyusup di sisi kanan pertahanan Barcelona. Lagi-lagi tendangan kaki Dybala berhasil menembus gawang Barca.

Dua gol Dybala di babak pertama, dilengkapi oleh gol Chiellini di menit ke-55.

Dari situasi tendangan penjuru, sundulan Chiellini yang menerima umpan Pjanic membuat penjaga gawang Marc-André ter Stegen tak bisa berbuat apa-apa.

CLEAN SHEETS GIGI BUFFON

Selain mencetak tiga gol tanpa balas, hal penting yang tersaji dari pertandingan Juve dini hari tadi adalah catatan clean sheets yang ditorehkan Gigi Buffon.

Salah satu aksi gemilang Buffon adalah ketika menepis tendangan Iniesta dari jarak dekat.

Yup selain kecemerlangan penjaga gawangnya, pemain belakang Juve pun bermain sangat taktis untuk meredam agresivitas penyerang-penyerang Barca.

STATISTIK

Secara keseluruhan, para pemain Juve dalam laga dini hari tadi bermain fantastik.

Walaupun memang secara penguasaan bola seperti yang dicatat oleh situs resmi Liga Champions, Juve hanya menguasai 34% possesion berbading 66% milik Barcelona.

Para pemain Juve total melakukan 14 kali percobaan tendangan ke arah gawang Barca dengan 8 diantaranya tepat mengarah sasaran. Sementara Barca, dari 15 kali percobaan tendangan ke gawang Gigi Buffon, hanya 3 yang tepat sasaran.

https://www.youtube.com/watch?v=O_fFMK93C7Y

Yup, seperti yang digadang-gadang oleh banyak pihak, pertandingan Juve melawan Barca adalah pertandingan antara tim dengan pertahanan terbaik melawan tim dengan penyerangan terbaik. Untuk kali ini, tim dengan pertahanan terbaiklan yang menang dengan tiga gol tanpa balas.

Forza Juve !!

(Visited 3 times, 1 visits today)

About the author

Yuri Adrian

Leave a Comment