Cara Cepat dan Mudah Membuat SKCK

SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian dulunya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik. Surat resmi ini hanya diterbitkan oleh Pihak Kepolisian sebagai bukti bahwa seseorang tidak atau belum pernah tercatat melakukan tindak kejahatan. Karena tempat tinggal saya berada di wilayah Kecamatan Bojong Gede maka berikut ini adalah cara cepat dan mudah membuat SKCK khususnya di Polsek Bojong Gede, Kabupaten Bogor.

Dokumen-dokumen pendukung yang sudah saya siapkan antara lain :

  1. Foto Copy E-KTP / Resi / Surat Keterangan
  2. Foto Copy Kartu Keluarga
  3. Foto Copy Akta Kelahiran
  4. Pas Foto 4×6 Latar Belakang Merah sebanyak 6 lembar

Jangan lupa juga membawa alat tulis atau ballpoint.

Jangan pensil !!

O iya, penting nih :

Saya datang ke Polsek Bojong Gede untuk membuat SKCK tapi bukan untuk melamar jadi CPNS ya. Soalnya kalau untuk proses pendaftaran CPNS, SKCK nya harus dibuat di Polres Bogor.

Jadi,

Pertama yang saya lakukan adalah…

Datang ke Ketua RT dan RW Setempat

Untuk meminta surat pengantar ke Kelurahan. Di surat pengantar ini nantinya diberi tandai perihal keperluan untuk pembuatan SKCK.

Jangan lupa juga ditandatangani dan diberi stempel oleh RW nya juga ya.

Tidak ada pungutan biaya dalam proses pembuatan surat pengantar ini alias GRATIS.

Kedua setelah dari Ketua RT dan RW, saya mendatangi Kantor Kelurahan untuk…

Membuat Surat Pengantar Dari Kelurahan

Saya menyerahkan surat pengantar yang sudah ditandatangani oleh Ketua RT dan RW kepada petugas pelayanan di Kantor Kelurahan.

Petugas Kelurahan selanjutnya akan membuatkan surat pengantar seperti contoh di bawah ini :

Surat Pengantar SKCK dari Kantor Kelurahan
Surat Pengantar SKCK dari Kantor Kelurahan

Karena suasananya sepi, maka hanya perlu waktu kurang lebih 10 menit saya berada di Kantor Kelurahan Waringin Jaya.

[ Baca Juga : Bagaimana Cara Membuat SIM C dan Berapa Biayanya ]

Dengan berbekal Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan ini, kita tinggal datang ke Kantor Polsek terdekat dengan tempat tinggal, tidak perlu datang dulu ke Kantor Kecamatan.

Ada biaya yang saya keluarkan sebesar Rp 10.000 untuk membuat Surat Pengantar seperti di atas.

Ketiga setelah dari Kantor Kelurahan langsung saja…

Mendatangi Kantor Polsek Bojong Gede

Berbekal surat pengantar yang sudah dibuat di Kantor Keluarahan tadi.

Lokasi Polsek Bojonggede…

Sebelum masuk ke kantor Polsek tersebut sudah terpasang penunjuk arah khusus ke tempat pelayanan SKCK.

Petugas di bagian pelayanan SKCK kemudian akan memeriksa Surat Pengantar dari Kelurahan, KTP, KK dan Akta Kelahiran juga pas foto.

Jika sudah memenuhi persyaratan, petugas akan memberikan lembar Daftar Pernyataan dan Kartu Tik yang harus diisi dengan benar dan jujur.

Daftar Pertanyaan SKCK
Daftar Pertanyaan SKCK

Setelah saya mengisi semuanya maka semua dokumen tersebut saya kembalikan kepada petugas dan menunggu di ruang yang telah disediakan.

Tidak lama kemudian, nama saya dipanggil kembali, petugas menyerahkan SKCK sementara saya menyerahkan uang Rp 20.000 sebagai biaya pembuatannya.

Contoh SKCK yang dibuat di Kantor Polsek Bojonggede, Kabupaten Bogor.
Contoh SKCK yang dibuat di Kantor Polsek Bojonggede, Kabupaten Bogor.

Masa berlaku SKCK adalah 6 bulan sejak tanggal pembuatannya.

Saya diingatkan oleh petugas jika memang diperlukan SKCK yang sudah jadi bisa di foto copy untuk kemudian di legalisir.

Untuk mengetahui penjelasan lengkap tentang apa itu SKCK, silakan klik link di bawah ini :

https://www.polri.go.id/pdf/Layanan%20SKCK.pdf

Selamat mencoba !!

(Visited 3,794 times, 11 visits today)

14 thoughts on “Cara Cepat dan Mudah Membuat SKCK

  • March 22, 2017 at 14:33
    Permalink

    Mas mau tny kalo saya buat skck di luar domisili bs tidak? Tp saya sudah buat keterangan domisili d bojong gede

    Reply
    • March 22, 2017 at 15:06
      Permalink

      Denger-denger sih bisa Mbak, tapi harus ke datang ke Polres jangan ke Polsek. Nah, tapi kalau Mbak sudah buat surat keterangan domisili mending datang langsung ke Polsek Bojonggede saja, prosesnya cepat koq. Jangan lupa bawa persyaratannya lainnya juga ya.

      Reply
      • December 18, 2017 at 07:12
        Permalink

        Mas mau tanya, apabila pakai surat domisili kita pake surat pengantar juga?

        Reply
        • December 18, 2017 at 09:30
          Permalink

          Sepengetahuan saya, surat pengantar tetap diperlukan Mbak Amanda, jadi surat domisili tetap dibawa ke kelurahan terlebih dahulu untuk dibuatkan surat pengantar pembuatan SKCK.

          Reply
  • October 26, 2017 at 09:02
    Permalink

    Klo ngg ada akte kelahiran bagaimana pak.. Mohon pencerahan

    Reply
  • February 7, 2018 at 12:21
    Permalink

    mas kalau gak pakai surat pengantar RT RW bisa kan ?

    Reply
    • February 14, 2018 at 12:54
      Permalink

      Surat pengantar RT RW nantinya dipakai buat jadi referensi di kelurahannya Mas. Waktu itu, pihak kelurahan membuatkan surat pengantar setelah memeriksa surat pengantar RT RW yang saya bawa.

      Reply
      • May 29, 2018 at 08:04
        Permalink

        Emang skr masih perlu ya bawa surat pengantar kelurahan?

        Reply
        • May 29, 2018 at 11:26
          Permalink

          Sewaktu saya membuat SKCK saya membuat surat pengantar dulu dari keluarahan. Sepertinya sekarang sudah bukan menjadi syarat yang mutlak. Di beberapa wilayah/daerah untuk kenyamanan dan kemudahan dalam membuat SKCK, surat pengantar kelurahan sudah tidak diperlukan. Ada baiknya menanyakan langsung ke Polres/Polsek terdekat.

          Terima kasih.

          Reply
  • September 18, 2018 at 14:39
    Permalink

    mau tanya gan, ane kepolsek malah ga bisa buat skck harus ke Polres langsung, pdahal ane ktp bojong gede…apa udah brubah ya gan buat SKCK sekarang?

    Reply
    • September 18, 2018 at 17:12
      Permalink

      walah, kenapa itu gan? ada info dari petugas di polseknya? kalau waktu itu ane ke polsek bikin skck nya bukan buat tes cpns sih gan, kalau itu harus di polres.

      Reply
  • October 10, 2018 at 13:38
    Permalink

    Bang, di skcknya kok gaada rumusan sidik jarinya?

    Reply
    • October 10, 2018 at 17:05
      Permalink

      Betul banget, ini saya buatnya di Polsek. Waktu itu perlu buat ngelamar driver online. Kayaknya kalau buatnya di Polres apalagi Polda ada bagian rekam rumus sidik jarinya.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *