Info Bojonggede Info Publik Olahraga

Syarat Buat Jadi Relawan di Ajang Asian Games 2018 Untuk Warga Bojonggede

Syarat Buat Jadi Relawan di Ajang Asian Games 2018 Untuk Warga Bojonggede
Written by Yuri Adrian

Halo warga Bojonggede…pasti tahu dong kalau Indonesia menjadi tuan rumah di ajang pesta olahraga bergengsi tingkat Asia, ASIAN GAMES 2018. Pesta olahraga se-Asia ini rencananya berlangsung di dua kota, yaitu Jakarta dan Palembang, 18 Agustus – 2 September 2018. Nah, untuk menyukseskan kegiatan ini panita penyelenggara (INASGOC) kembali membuka pendaftaran tenaga relawan atau volunteer. Yuk, kita sama-sama lihat cara mendaftar dan syarat buat jadi relawan di ajang Asian Games 2018.

Tapi sebelum Anda mencoba mendaftar sebagai relawan atau volunteer, ada baiknya Anda mencatat apa yang ditekankan oleh INASGOC selaku penyelenggara, tentang prinsip-prinsip seorang relawan atau volunteer Asian Games 2018, yaitu diantaranya:

  1. Volunteer adalah kegiatan sukarela.
  2. Volunteer harus mampu bekerja sama secara individual dan tim.
  3. Volunteer melakukan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya; penempatan volunteer pada departemen akan dilihat berdasarkan preferensi saat mengisi form pendaftaran serta dengan memperhatikan hasil test serta quota yang diperlukan oleh setiap departemen.
  4. Volunteer harus mematuhi setiap peraturan, keputusan dan hukum yang berlaku di INASGOC, Indonesia dan tentunya norma-norma yang berlaku di masyarakat umum.
  5. Volunteer TIDAK diperbolehkan mencari keuntungan pribadi pada Asian Games 2018.
  6. Volunteer bersedia mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Asian Games 2018 pada 18 Agustus sampai 2 September 2018, termasuk diantaranya rangkaian seleksi dan training yang dilaksanakan di Jakarta bagi volunteer untuk Jakarta dan sekitarnya, serta di Palembang bagi volunteer untuk Palembang.

Adapun tahapan-tahapan yang harus diikuti oleh calon relawan/volunteer diantaranya:

  • Psikotest (FGD & Interview). Estimasi tanggal pelaksanaan, setia voluntter dijadwalkan untuk mengikuti satu hari test diantara periode April 2018.
  • Training 1 (Sport Values & Asian Games Overview). Estimasi tanggal pelaksanaan, setiap volunteer dijadwalkan untuk mengikuti satu hari training 1 Sport Values & Asian Games Overview diantara periode Mei 2018.
  • Training 2 (General Training). Estimasi tanggal pelaksanaan volunteer dijadwalkan untuk mengikuti satu hari general training diantara periode Mei 2018.
  • Job Specific Training oleh Departement/User. Setelah volunteer dibagi ke dalam penempatan sesuai department, akan dilakukan training selama satu hari, dengan jadwal yang berbeda, tergantung dari department/user. Estimasi pelaksanaan setiap volunteer dijadwalkan untuk mengikuti satu hari job specific training diantara periode Juni s.d Juli 2018.
  • Pembagian Uniform & Perlengkapan lainnya. Estimasi tanggal pembagian: Awal Agustus 2018.

Beberapa dokumen wajib yang harus disiapkan oleh calon volunteer adalah:

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  2. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian).
  3. Foto (Pas Foto) dan Foto full-body.

Scan semua persyaratan dokumen di atas dalam bentuk atau format jpeg kemudian di upload pada online registration form yang sudah disiapkan oleh panita penyelenggara (INASGOC).

Pendaftaran untuk menjadi volunteer dilakukan secara online melalui situs volunteer.asiangames2018.id

Screenshot tombol pendaftaran untuk menjadi volunteer yang dilakukan secara online melalui situs volunteer.asiangames2018.id

Form Application yang harus Anda isi tampilannya seperti di bawah ini:

Screenshot form application untuk daftar sebagai volunteer Asian Games 2018, via volunteer.asiangames2018.id

Screenshot form application untuk daftar sebagai volunteer Asian Games 2018, via volunteer.asiangames2018.id

Bisa dilihat juga, umur minimum calon volunteer adalah 18 tahun.

Dikutip dari Tempo.Co secara keseluruhan kebutuhan volunteer untuk ajang Asian Games 2018 ini adalah sebanyak 13 ribu orang. Sesuai yang diungkapkan oleh Ketua INASGOC, Erick Thohir, pada waktu peresmian penerimaan volunteer Asian Games 2018, Kamis 18/01/2018.

Dari jumlah 13 ribu orang itu, 11 ribu volunteer akan ditempatkan di Jakarta, sementara sisanya 2 ribu akan ditugaskan di Palembang.

Kategori kebutuhan relawan atau volunteer ini diantaranya:

  1. Protocol Assistant
  2. NOC Assistant
  3. Liaison Officer

Nantinya, relawan atau volunteer akan ditempatkan di 19 departemen atau functional areas seperti:

  • Venue
  • Medical & Doping Control
  • Media & Public Relations
  • Ceremonies
  • Ticketing
  • Catering
  • Transportation
  • dsb

Ok, bagaimana warga Bojonggede, berminat menjadi relawan/volunteer dan ikut juga menyukseskan ajang bergengsi ASIAN GAMES 2018? Siapkan segara dokumen persyaratannya dan coba untuk mendaftar secara online.

Semoga bermanfaat !!

Sumber: VOLUNTEER.ASIAGAME2018.ID

Image Credits

Featured Image: ASIANGAMES2018.ID

 

(Visited 117 times, 1 visits today)

2 Comments

Leave a Comment