Info Bojonggede

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Untuk Warga Bojonggede

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Untuk Warga Bojonggede
Written by Yuri Adrian

Saya tinggal di Bojonggede Kabupaten Bogor dan saya adalah pengguna kartu prabayar IM3. Nomor kartu seluler ini sudah saya gunakan sejak tahun 2006. Sejak menggunakan nomor tersebut saya sudah melakukan registrasi yang sesuai ketentuan yang berlaku saat itu. Karena ada peraturan baru yang mewajibkan seluruh pengguna kartu prabayar melakukan registrasi sesuai dengan Data Kependudukan, maka saya juga harus melakukan registrasi ulang. Dan berikut ini saya akan mencoba berbagi pengalaman bagaimana cara registrasi ulang kartu prabayar untuk warga Bojonggede khususnya bagi pengguna nomor IM3.

Buat pelanggan atau pengguna kartu prabayar IM3 seperti saya pastilah mendapatkan notifikasi via SMS seperti berikut ini:

Notifikasi Dari Kominfo Via SMS Mengingatkan Tentang Registrasi Ulang Kartu Prabayar

Notifikasi Dari Kominfo Via SMS Mengingatkan Tentang Registrasi Ulang Kartu Prabayar

 

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan Registrasi Ulang Kartu Prabayar ini? O iya sebagai informasi tambahan, adalah Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2017 tanggal 5 September 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi yang mengatur ketentuan registrasi kartu prabayar.

Ada dua informasi yang diminta oleh Kominfo yaitu NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor KK (Kartu Keluarga). Kedua informasi atau data pelanggan kartu prabayar ini akan divalidasi dengan database kepunyaan Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Cara registrasi ulangnya pun termasuk mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kartu prabayar.

Cukup ketik SMS dengan format NIK#NomorKK# atau ULANG#NIK#NomorKK# terus langsung kirim ke 4444.

Format SMS NIK#NomorKK# Kirim Ke 4444

Format SMS NIK#NomorKK# Kirim Ke 4444

Kalau SMS sudah terkirim dan registrasi ulang berhasil, maka akan muncul SMS balasan seperti di bawah ini:

SMS Kalau Registrasi Ulang Kartu Prabayar Berhasil

Kalau Informasi Yang Anda Kirim Valid Maka Akan Muncul Balasan SMS Seperti Ini

 

Bagaimana kalau gagal? Contohnya adalah waktu saya pertama kali mencoba untuk melakukan registrasi ulang, walaupun format SMS sudah benar dan sesuai, tapi SMS balasan yang saya terima seperti di bawah ini :

SMS Balasan Ini Muncul Jika Data Yang Anda Kirim Tidak Sesuai Dengan Data Kependudukan

SMS Balasan Ini Muncul Jika Data Yang Anda Kirim Tidak Sesuai Dengan Data Kependudukan

 

Karena saya sudah periksa ulang dan pastikan data yang dikirim melalui SMS sudah sesuai dengan Data Kependudukan maka yang saya lakukan adalah menghubungi call centre Ditjen Dukcapil Kemendagri di nomor 1500537.

Yang harus Anda persiapkan jika menghubungi nomor tersebut adalah : NIK, Nomor KK, Tanggal Lahir dan juga Nomor Telepon yang bisa dihubungi. Informasikan kepada petugas call center bahwa Anda memerlukan data kependudukan untuk melakukan registrasi ulang kartu prabayar.

Dari petugas Call Center Ditjen Dukcapil Kemendagri, setelah di cross check ternyata Data Kependudukan saya sudah sesuai dan terdaftar di Dukcapil. Oleh petugas Call Center Ditjen Dukcapil Kemendagri, saya diminta untuk mengulangi proses registrasi ulang kartu prabayar. Dan ternyata, setelah saya mencoba lagi dengan format sms yang sama, proses registrasi ulang kartu prabayar pun berhasil.

Ayo, khusus warga Bojonggede nih, registrasikan kartu prabayar sesuai dengan Data Kependudukan sebelum tanggal 28 Februari 2018, caranya mudah koq.

Selamat mencoba !!

(Visited 123 times, 1 visits today)

About the author

Yuri Adrian

Leave a Comment