Juventus

Sang Nyonya Tua Jinakkan Il Toro di Derby Della Mole

Sang Nyonya Tua Jinakkan Il Toro di Derby Della Mole
Written by Yuri Adrian

Minggu (24/09/2017) dini hari tadi saya sempatkan untuk menyaksikan secara streaming lanjutan pertandingan Liga Italia Serie A musim 2017/2018 pekan atau giornata 6. Bertajuk Derby Turin, Juventus menjamu Torino di Stadion Allianz. Hasilnya? Sang Nyonya Tua jinakkan Il Toro di Derby Della Mole dengan skor telak, 4 gol tanpa balas.

Menghadapi pertandingan dengan klub rival sekota, Torino, pelatih Max Allegri selalu mengingatkan kepada anak-anak asuhnya bahwa pertandingan derby ini selalu menjadi sebuah pertandingan yang sangat penting, untuk klub dan juga para supporter. Max Allegri pun menargetkan raihan angka penuh di laga ini.

Formasi pemain 4-2-3-1 tetap diusung oleh Max Allegri. Gigi Buffon, sang kapten, berada di bawah mistar. Chiellini dan Benatia berduet menjaga jantung pertahanan Juve, diapit oleh Lichsteiner dan Alex Sandro. Di lini tengah, Pjanic kembali berduet dengan Matuidi. Trio pemain Doglas Costa, Cuadrado dan Dybala bertugas untuk menopang striker tunggal Mandzukic.

Gonzalo Higuain yang biasanya diturunkan sebagai Starting XI untul laga kali ini harus diistirahatkan dan memulai pertandingan dari bangku cadangan bersama pemain lain seperti : Szczesny, Pinsogilo, Barzaglo, Rugani, Asamoah, Bentancur, Sturaro dan Bernardeschi.

Yang menarik, Torino menurunkan Tomas Rinconi di lini tengah mereka untuk bertarung dengan lini tengah Juventus. Kapten timnas Venezuela ini musim lalu berseragam Juventus dan musim ini dipinjamkan kepada Torino.

Juventus membuka gol kemenangan di menit ke-16 melalui tendangan kaki kiri La Joya. Memanfaatkan sodoran pendek dari Miralem Pjanic yang berhasil merebut bola dari lini tengah Torino. Juventus unggul 1-0.

Sejatinya, laga Juventus kontra Torino ini akan menyuguhkan pertarungan sengit dan panas seperti laga-laga derby sebelumnya. Namun, kartu kuning kedua untuk pemain Torino, Daniele Baselli di menit ke-24 membuat Juventus semakin mendominasi pertandingan.

Terbukti di menit ke-40, Miralem Pjanic berhasil mencetak gol kedua untuk Juventu setelah menerima umpan mendatar dari Juan Cuadrado dari sisi kiri pertahanan Torino. Tendangan terukur Pjanic dari luar kotak penalti tidak mampu dibendung oleh penjaga gawang Il Toro, Salvatore Sirigu, 2-0 untuk Juventus.

Setelah unggul dua gol di babak pertama, memasuki babak kedua Juventus tetap menjaga intensitas untuk terus menekan pertahanan Torino.

Di menit ke-57 berawal dari situasi sepak pojok, Miralem Pjanic yang mengirimkan umpan berhasil disundul dengan tepat oleh Alex Sandro. Skor 3-0 untuk Sang Nyonya Tua.

Opta mencatat, Miralem Pjanic dalam laga kontra Torino ini mencetak 1 gol dan memberikan 2 umpan dari terciptanya gol-gol Juventus.

Serangan bertubi-tubi yang dilakukan Juventus, berlanjut sampai dengan akhir-akhir pertandingan. Adalah La Joya yang berhasil mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Di masa injury time babak kedua, memanfaatkan kerja sama apik dengan Il Pipita, dengan sedikit mencongkel bola dengan kaki kirinya, tendangan Dybala kembali tak mampu dibendung oleh Salvatore Sirigu.

Sebenarnya penjaga Torino, Sirigu yang juga eks pemain PSG ini bermain sangat apik dan berkali-kali mematahkan peluang-peluang emas yang dimiliki oleh pemain-pemain Juventus. Sementara untuk La Joya, dua gol yang dicetaknya membuat pemain asal Argentina ini secara keseluruhan sudah mencetak 10 gol dari 6 pertandingannya bersama Juventus di Liga Italia Serie A musim ini.

Dicatat oleh situs resmi Liga Italia Serie A, Juventus mendominasi Torino dalam hal penguasaan bola yaitu 62% berbanding 38%.

Sang Nyonya Tua melakukan percobaan mencetak gol sebanyak 21 kali ke gawang Il Toro. 14 diantaranya tepat mengarah ke gawang Torino yang dijaga oleh Salvatore Sirigu. 4 diantaranya berbuah gol kemenangan Juventus.

Bandingkan dengan Il Toro, di dalam Derby Della Mole kali ini anak-anak asuh Sinisa Mihajlovic hanya mampu melakukan percobaan tendangan 6 kali ke arah gawang yang dikawal oleh Gigi Buffon. 3 diantaranya tepat sasaran.

Dengan kemenangan ini sampai dengan pekan atau giornata 6, Juventus mencatat hasil 100% kemenangan. 18 poin berhasil dikumpulkan, memasukkan 18 gol dan kebobolan 3 gol. Bersama dengan Napoli, untuk sementara Juventus berada di puncak klasemen Liga Italia Serie A.

Pertandingan selanjutnya yang wajib dimenangkan oleh Sang Nyonya Tua, adalah laga melawan Olympiacos di lanjutan penyisihan grup Liga Champions.

Berharap La Joya kembali mencetak gol dan Il Pipita kembali menemukan ketajamannya merobek gawang lawan.

Forza Juve !!

https://www.youtube.com/watch?v=jKiD7h6UZQ0

(Visited 27 times, 1 visits today)

About the author

Yuri Adrian

Leave a Comment