Info Bojonggede

Pemotongan Hewan Qurban Di Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

Pemotongan Hewan Qurban Di Majelis Ta'lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

Hari Raya Idul Adha adalah salah satu hari besar bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk juga di Indonesia. Dikenal juga dengan nama hari raya qurban. Tahun 2017 ini Hari Raya Idul Adha 1438 H jatuh pada hari Jumat 01 September. Menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 pemotongan hewan qurban di Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede pun dilakukan setelah menunaikan ibadah Shalat Idul Adha.

Semua jamaah Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede baik itu pria, wanita, dewasa dan juga anak-anak dengan sangat antusias ikut berpartisipasi dalam kegiatan rutin setiap Hari Raya Idul Adha.

Alhamdulillah tahun 2017 ini, jamaah Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede berhasil mengumpulkan 3 ekor sapi dan 1 ekor kambing untuk diqurbankan.

3 Ekor Sapi Untuk Ibadah Qurban Di Majelis Ta'lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

3 Ekor Sapi Untuk Ibadah Qurban Di Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

Untuk mewujudkan pembelian hewan-hewan qurban ini, sejak beberapa bulan sebelum Hari Raya Idul Adha, para jamaah sudah menabung sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Pada prakteknya setiap jamaah yang memiliki niat untuk berqurban diberikan sebuah buku tabungan khusus qurban.

Karena dari tahun ke tahun sudah terbiasa melakukan pemotongan hewan qurban, maka tahun ini pun proses pemotongan hewan qurban dilakukan sendiri oleh para jamaah pria di Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede.

Pemotongan Hewan Qurban Dilakukan Bersama-sama Oleh Jamaah Pria Majelis Ta'lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

Pemotongan Hewan Qurban Dilakukan Bersama-sama Oleh Jamaah Pria Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

Diperlukan teknik khusus dan kerjasama yang baik supaya bisa menjatuhkan dan kemudian melakukan proses pemotongan hewan qurban terutama sapi yang beratnya bisa mencapai ratusan kilogram tersebut.

Proses Pemotongan Hewan Qurban Sapi di Majelis Ta'lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

Proses Pemotongan Hewan Qurban Sapi di Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

Setelah hewan-hewan qurban tersebut dipastikan sudah tidak bernyawa lagi, maka tahap selanjutnya adalah hewan-hewan qurban itu akan dikuliti dan dipotong-potong bagian tubuhnya seperti kepala dan kaki.

Hewan Qurban Sudah Siap Dikuliti dan Dipotong-potong

Hewan Qurban Sudah Siap Dikuliti dan Akan Dipotong Terlebih Dahulu Bagian Kepala dan Kaki

Perlu sedikit ektra hati-hati dalam proses ini jangan sampai kulit sapi tersobek atau tersayat pisau.

Proses Menguliti Sapi Qurban

Proses Menguliti Sapi Qurban

Kulit sapi yang sudah berhasil dilepas, terlebih dahulu diberi bubuk garam supaya kulit tersebut bisa agak lebih awet dan tidak mudah rusak.

Kulit Sapi Yang Sudah Berhasil Dilepas

Kulit Sapi Yang Sudah Berhasil Dilepas

Untuk memudahkan proses pemotongan daging sapi qurban, bagian-bagian tertentu seperti bagian kaki digantung menggunakan tali. Bagian-bagian tulang yang keras dan sulit untuk dipotong dengan pisau, dipotong dengan alat potong khusus.

Kegiatan Ketika Daging Sapi Qurban Dipotong-potong

Daging Sapi Qurban pun Dipotong dan Diiris-iris Untuk Kemudian Dibungkus

Selain menggunakan kapak, bagian tulang yang sangat keras dipotong-potong dengan alat potong listrik untuk mempercepat proses yang biasanya menyita waktu lama ini.

Memotong-motong Tulang Dengan Alat Potong Khusus

Memotong-motong Tulang Dengan Alat Potong Khusus

Daging yang sudah dipotong-potong dan diiris-iris menjadi ukuran yang lebih kecil lalu dipersiapkan untuk dibungkus sebanyak daftar orang yang berhak menerima daging qurban tersebut.

Daging Qurban Sudah Siap Untuk Dibungkus

Daging Qurban Sudah Siap Untuk DibungkusĀ 

Dalam proses pembagian daging qurban untuk warga sekitar, pengurus dan panitia qurban di Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede menggunakan kupon yang sudah dibagikan kepada warga pada malam takbiran.

Pembagian Daging Qurban Untuk Warga Sekitar Majelis Ta'lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

Pembagian Daging Qurban Untuk Warga Sekitar Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

Selain kepada warga sekitar, Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede pun membagi-bagikan bingkisan daging qurban kepada jajaran Polsek Bojonggede, Babinsa, pengurus RW dan RT setempat.

Lokasi Majelis Ta’lim Baitul Afwa Gaperi Bojonggede

(Visited 179 times, 1 visits today)