Info Bojonggede

8 Kegiatan Bermanfaat Untuk Anak TK Di Kebun Pasir Mukti

8 Kegiatan Bermanfaat Untuk Anak TK Di Kebun Pasir Mukti

Tempat wisata ini bernama Kebun Wisata Pasir Mukti atau juga dikenal dengan Travel Garden Pasir Mukti. Terletak di wilayah Tajur, Citeureup, Kabupaten Bogor. Memiliki lahan kurang lebih seluas 15 hektar. Beberapa waktu yang lalu, anak saya yang bungsu mengikuti acara perpisahan yang dilaksanakan di tempat ini. Dan, inilah 8 kegiatan bermanfaat untuk anak TK di Kebun Pasir Mukti.

Selain mempunyai fasilitas kegiatan outbound, ditemani oleh kakak-kakak pendamping, anak-anak usia PAUD/TK bisa mendapatkan berbagai pembelajaran, diantaranya :

1 MELUKIS CAPING

Apa sih itu caping? Benda ini berbentung kerucut, biasanya terbuat dari anyaman bambu. Fungsinya sama dengan topi sebagai pelindung kepala. Juga terdapat tali dagu yang berbahan karet yang berfungsi supaya caping tidak terlepas ketika dipakai.

Setiap anak diberi satu buah caping polos, palet cat air dan kuas. Diberi waktu 5 menit, anak-anak mempunyai kesempatan untuk berkreasi mewarnai atau melukis caping mereka masing-masing.

Melukis Caping Di Kebun Wisata Pasir Mukti

Jika sudah selesai, setiap anak boleh memakai caping yang sudah diwarnai atau juga dilukis. Caping ini sangat bermanfaat melindungi kepala anak-anak dari teriknya sinar matahari.

Baca juga : Acara Akhirussanah TKIT Khairu Ummah

2 MEMPELAJARI IKAN

Di Kebun Wisata Pasir Mukti, selain terdapat banyak kolam ikan juga terdapat tempat yang berfungsi sebagai fasilitas pengembangbiakan ikan. Di sini, kakak-kakak pendamping akan menerangkan tubuh dan fungsi organ ikan seperti sirip, ekor dan insang ikan.

Mempelajari Tubuh dan Organ Ikan di Kebun Wisata Pasir Mukti

3 MEMBERI MAKAN IKAN

Setelah belajar tentang ikan, anak-anak PAUD/TK akan diarahkan ke sebuah kolam. Di situ sudah disiapkan makanan ikan. Dengan penuh semangat, anak-anak akan melemparkan makanan ikan ke dalam kolam yang berisi berbagai jenis ikan.

Memberi Makan Ikan di Kebun Wisata Pasir Mukti

Di kolam ini, pengunjung hanya boleh memberi makan, tetapi dilarang keras untuk memancing ikan.

4 PANEN SAYURAN

Sebuah pengalaman seru akan yang didapatkan di Kebun Wisata Pasir Mukti adalah ketika anak-anak diberi kesempatan untuk mengambil berbagai macam sayuran yang memang sudah siap dipanen. Dimasukkan kedalam sebuah wadah dan bisa dibawa pulang.

Panen Sayuran Di Kebun Wisata Pasir Mukti

5 MENANAM POHON

Di sesi ini, setiap anak akan diberi sebuah pot kecil. Nantinya masing-masing akan diberi sebuah bibit tanaman. Sebelumnya, pot tersebut lalu diisi dengan tanah dan pupuk. Setiap pot diberi nama masing-masing anak. Dan nantinya pot yang sudah diisi tanaman tersebut juga boleh dibawa pulang ke rumah.

Menanam Pohon Di Kebun Wisata Pasir Mukti

6 MENYIRAM TANAMAN

Dengan menyiram tanaman, anak-anak akan belajar untuk menyayangi dan menjaga kelangsungan hidup tanaman. Nantinya tanaman yang disiram itu, akan tumbuh dan berkembang dengan baik.

7 NAIK SAPI

Sepertinya ini adalah salah satu pengalaman yang paling seru yang bisa anak-anak dapatkan di Kebun Wisata Pasir Mukti. Anak-anak akan merasakan sensasi seru, seolah-olah sedang membajak sawah seperti dibawah ini:
Naik Sapi Untuk Membajak Sawah

8 MENANAM PADI

Kegiatan terakhir yang dilakukan oleh anak-anak sebagai bagian dari kegiatan berkeliling Kebun Wisata Pasir Mukti adalah belajar menanam padi dengan sistem tandur. Di sesi ini pula, anak-anak diberi penjelasan bahwa tanaman padi nantinya akan menghasilkan beras yang menjadi makanan pokok di Indonesia.

 

Menanam Padi Dengan Cara Tandur Di Kebun Wisata Pasir Mukti

Berminat? Klik saja link berikutĀ https://www.pasirmukti.co.id/

(Visited 130 times, 1 visits today)

Leave a Comment