Sepakbola

Ayo Dukung Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2016

Ayo Dukung Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2016
Written by Yuri Adrian

Dengan perjuangan dan kerja keras Timnas Indonesia akhirnya bisa mencapai babak final Piala AFF 2016. Yang akan dihadapinya adalah Timnas Thailand. Leg pertama akan digelar hari ini 14 Desemberi 2016 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor. Sementara leg kedua akan berlangsung Sabtu 17 Desember 2016 di Rajamangala Stadium. Ayo Dukung Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2016 !!

Kiprah Timnas Indonesia di kejuaraan Piala AFF 2016 ini memang diluar dugaan banyak pihak. Setelah vakum dari ajang-ajang pertandingan internasional karena terkena sanksi dari FIFA maka pencapaian Timnas senior kali ini patut di apresiasi.

Dalam undian yang diselenggarakan pada tanggal 2 Agustus 2016, Indonesia tidak menjadi unggulan bahkan hanya masuk ke dalam pot 4 bersama Kamboja. Pot 1 adalah Myanmar dan Filipina sebagai tuan rumah. Pot 2 juara bertahan Thailand dan Malaysia. Pot 3 adalah Singapura dan Vietnam.

Tergabung dalam Grup A bersama Filipina, Thailand dan Singapura, Timnas Indonesia jelas tidak diunggulkan di grup ini.

Vs Thailand 2 – 4

Pertandingan perdana Timnas Merah Putih adalah melawan Sang Juara Bertahan Thailand. Gol-gol dari Boaz Salossa dan Lerby Eliandry tidak mampu menghentikan keunggulan Thailand.

Vs Filipina 2 – 2

Dengan keharusan menang untuk bisa menjaga asa lolos ke babak semifinal, Timnas Indonesia harus menghadapi tuan rumah Filipina. Nyaris meraih kemenangan lewat gol Fachrudin dan Boaz Salossa, tendangan bebas Phil Younghusband memupus keunggulan Timnas Indonesia di menit-menit akhir pertandingan.

Vs Singapura 2 – 1

Indonesia melakoni laga mission impossible nya di laga terakhir melawan Timnas Singapura. Sempat tertinggal gol Khairul Amri, Timnas Indonesia mampu bangkit di babak kedua lewat gol-gol Andik Vermansyah dan Stefano Lilipaly.

Dan disaat bersamaan ternyata tuan rumah Filipina ditekuk oleh Thailand yang sudah memastikan lolos ke semifinal dengan skor 0-1.

Indonesia pun lolos ke babak knockout sebagai runner up Grup A mendampingi Thailand.

Semifinal Melawan Vietnam

Di babak Semifinal, Timnas Indonesia lagi-lagi harus melawan tim tangguh Vietnam, yang menjadi salah satu tim unggulan di kejuaran Piala AFF 2016 ini. Timnas Vietnam lolos sebagai juara Grup B setelah menyapu bersih 3 pertandingan yang dilakoninya.

Menjadi tim yang tidak diunggulkan, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Vietnam dengan skor tipis 2 – 1 dalam pertandingan leg pertama di Stadion Pakansari (3/12).

Drama pun terjadi di pertandingan leg kedua (07/12) di Stadiun Nasional My Dinh, Hanoi. Di bawah tekanan ribuan pendukung fanatik tuan rumah, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Timnas Vietnam dengan skor 2 – 2 melalui babak tambahan waktu.

Indonesia pun lolos ke babak final dengan agregat keunggulan 4 – 3.

Final Melawan Thailand

Final melawan Thailand kali ini adalah final ke-5 bagi Indonesia sepanjang kiprahnya di Piala AFF.

Sebagai underdog, Timnas Indonesia memang tidak diunggulkan untuk bisa mengalahkan Sang Juara Bertahan, Thailand.

Namun kesempatan untuk mencatatkan sejarah meraih Juara Piala AFF untuk pertama kalinya masih tetap ada.

Ayo Dukung Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2016 !!

(Visited 13 times, 1 visits today)

About the author

Yuri Adrian

Leave a Comment